EN ID

Tingkatkan Keselamatan Penerbangan, Bandara Sam Ratulangi Manado Laksanakan Rapat Koordinasi Runway Safety Team 2015

24 Mar 2015

Kembali ke List


Manado - Sebagai upaya peningkatan keselamatan operasi penerbangan dan implementasi Safety Management System (SMS), Bandara Sam Ratulangi Manado laksanakan Rapat Koordinasi Runway Safety Team 2015, Jumat (20/03).

Rapat koordinasi tersebut berlangsung di Ruang Rapat TOAR pada hari Jumat, 20 Maret 2015 pukul 14.00 WITA. Hadir dalam rapat koordiasi tersebut semua pengurus dan anggota Runway Safety Team Bandara Sam Ratulangi Manado, termasuk General Manager, Pipin Yusuf Arifin.

"Tujuan Runway Safety Program tahun 2015 adalah meningkatkan perencanaan, inspeksi dan evaluasi tindakan terhadap keselamatan operasi penerbangan di bandar udara. Selain itu juga untuk mendapatkan solusi pencegahan Runway Incursion, Excursion dan Confusion secara komprehensif dan optimal sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku," ujar Pipin.

Di akhir acara, Pipin menghimbau kepada seluruh anggota pengurus Runway Safety Team agar terus meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam rangka menjaga keselamatan operasi penerbangan di bandara udara Sam Ratulangi Manado demi pelayanan yang lebih baik. [Bayu Haditriyanto/SHE MDC]

Keterangan:

  • Runway Incursion: Keberadaan pesawat, kendaraan, dan manusia yang seharusnya tidak berada di area take off dan landing pesawat
  • Runway Excursion: Kecelakaan pesawat udara ketika sedang take off dan landing dimana karena suatu hal pesawat udara keluar runway (tergelincir)
  • Runway Confusion: Kebingungan di runway dikarenakan sign/penanda yang kurang sesuai

Keatas