EN ID

Blusukan di Bandara SAMS Balikpapan, Jonan: Ini Bandara Terbaik di Indonesia

23 Mar 2015

Kembali ke List


Balikpapan - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyempatkan diri blusukan sekali lagi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS), Balikpapan, Kalimantan Timur, sebelum bertolak ke Kalimantan Selatan. Blusukan Jonan kali ini bisa dibilang singkat karena hanya memakan waktu kurang dari 20 menit.

Setelah kembali dari blusukan di Pelabuhan Semayang, Jonan disambut General Manager Bandara Sepinggan, Wendo Asrul Rose. Jonan pun langsung diajak berkeliling bandara yang punya mal itu sambil jalan cepat. Area pertama yang didatangani Jonan adalah Terminal Keberangkatan Internasional. Jonan memuji keindahan bandara ini saat masuk ke ruang tunggu Keberangkatan Internasional yang cukup lapang.

"Lega (luas) banget," kata Jonan mengomentari ruang tunggu yang dihiasi kursi-kursi melingkar, Jumat (20/3/2015). "Ini memang area kita set agak lega (lapang). Khusus untuk commercial kita ada mal di lantai 1 dan 2. Lantai 3 ini khusus untuk menunggu pesawat, tapi boleh bawa makanan dan minuman dari bawah," ujar Wendo.

Setelah mendapat penjelasan Wendo, Jonan melanjutkan jalan cepatnya ke bagian imigrasi. Tak berlama-lama, Jonan hanya memantau area imigrasi ini 5 menit saja. "Sudah bagus pelayanannya," ujar Jonan. "Untuk terminal, saya berani jamin ini bandara terbaik di seluruh Indonesia," ujar Jonan kepada awak media.

Sebulan sebelumnya, Menteri Perhubungan memang menganugerahkan penghargaan Pelayanan Prima Utama 2014 kepada Bandara SAMS Balikpapan. Berturut-turut di awal 2015, Bandara SAMS juga terpilih menjadi Airport of the Year 2014 dari Majalah Bandara. Oleh INACA (Indonesian National Air Carrier Association, asosiasi maskapai penerbangan nasional Indonesia), Bandara SAMS dinobatkan sebagai The Best CSI 2014 untuk pelayanan penumpang. Bahkan, juga ada penghargaan dari Kementerian Kesehatan sebagai Bandar Udara Sehat 2014.

Setahun setelah soft opening di bulan Maret 2014, Bandara Sepinggan mencatat pergerakan hingga 250 pesawat setiap hari. Bandara buka mulai pukul 06.00 untuk melayani penerbangan pertama dan hingga pukul 24.00 lewat untuk pesawat terakhir yang berangkat dan tiba pukul 23.00. Selama setahun ini juga Bandara Sepinggan sudah digunakan 7,6 juta penumpang dari kapasitasnya yang 10 juta penumpang per tahun. [DSS/Sumber: Detik.com & Antaranews]

Keatas