EN ID

Angkasa Pura Airports Selenggarakan Jambore Airport Security

24 Mar 2015

Kembali ke List


BANDUNG - Angkasa Pura Airports menyelenggarakan kegiatan Jambore Nasional pertama Airport Security di Situ Lembang, Bandung, Jawa Barat (23/03). Kegiatan yang diselenggarakan selama 6 hari ini bekerjasama dengan Pusdikpassus sebagai instruktur pembina. Jambore ini tidak hanya diikuti oleh peserta Airport Security dari Angkasa Pura Airports saja namun juga diikuti pula oleh peserta dari Angkasa Pura II. Jambore Airport Security yang pertama kali dilaksanakan ini mengusung tema Membangun Kerjasama serta Meningkatkan Profesionalisme Airport Security dengan moto SMS yakni Smile, Measurable, and Secure. 

President Director Angkasa Pura Airports, Tommy Soetomo menerangkan bahwa diadakannya kegiatan jambore ini dimaksudkan untuk membentuk dan melatih pribadi Airport Security yang handal dan berjiwa nasionalisme tinggi sehingga dapat mencegah gangguan keamanan penerbangan sipil. "Kami sangat concern dengan keselamatan dan keamanan di lingkungan bandar udara, untuk itulah kegiatan ini diadakan karena di dalamnya terdapat materi dan metode menghadapi permasalahan di bandara", ujarnya saat pembukaan jambore ini. 

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta ini diselenggarakan di lapangan terbuka dengan materi-materi yang disesuaikan dengan kebutuhan kerja seperti Beladiri Militer, Teknik Lempar Pisau, Baris-Berbaris, Mendayung LCR, teknik menggunakan senapan dan pistol, dan sebagainya. "Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keakraban dan jiwa korsa serta membentuk personil yang tanggap dan siap dalam menghadapi permasalahan di bandara serta sebagai sarana untuk membangun sinergi dan meningkatkan pemahaman regulasi baik nasional maupun internasional (ICAO)", tambah Tommy Soetomo. 

Acara Jambore Airport Security ini merupakan kegiatan lanjutan setelah dilaksanakannya simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara Ahmad Yani Semarang pada 18 Maret 2015 lalu. Selanjutnya Airport Security akan terus dilatih dalam simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara Internasional Lombok pada bulan Mei mendatang.  [PD]

Keatas