EN ID

Terminal 2 Bandara Juanda Resmi Beroperasi 14 Februari 2014

13 Feb 2014

Kembali ke List


SURABAYA - Terminal baru Bandara Internasional Juanda, Surabaya, yaitu Terminal 2 (T2), resmi beroperasi mulai besok, Jumat, 14 Februari 2014.  Terminal yang memiliki luas  49.500 m2 dan mampu menampung 6 juta penumpang per tahun ini menelan investasi hampir Rp 1 triliun.

"Beroperasinya T2 Bandara Internasional Juanda ini merupakan komitmen dari Angkasa Pura I untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa bandara,” ujar General Manager Bandara Internasional Juanda Trikora Harjo.

T2 Bandara Internasional Juanda akan menjadi bandara pertama di Indonesia yang mengadopsi 12 infrastruktur teknologi sekaligus. Kendati menyandang status terminal penghubung, T2 Bandara Internasional Juanda mengusung konsep eco-airport dengan memanfaatkan konservasi air dan mengurangi konsumsi energi.

Selama ini, Bandara Internasional Juanda telah mengalami over capacity. Dengan kapasitas bandara hanya 6,5 juta penumpang per tahun, bandara kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini melayani 17,6 juta penumpang di tahun 2013, tumbuh 12% dibanding tahun 2012 yang berjumlah 16,3 juta penumpang.

"Meski belum sepenuhnya mampu menampung seluruh pengguna jasa, keberadaan T2 ini diharapkan dapat mengurai kepadatan yang terjadi di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda," imbuh Trikora.

T2 Bandara Internasional Juanda yang mulai dibangun sejak tahun 2011 dan memiliki luas total 112.200 m2 ini dilengkapi dengan 12 unit garbarata, 3 unit konter Visa on Arrival (VoA), 6 unit travelator, 5 unit eskalator, 3 unit lift, serta dilengkapi dengan sistem pengelolaan bagasi yang canggih, yaitu HBS (handling baggage system). Selain itu, T2 Bandara Internasional Juanda juga memiliki area parkir yang mampu menampung 1.845 unit kendaraan.

Rencananya, T2 Bandara Internasional Juanda ini akan digunakan untuk melayani penumpang tujuan internasional dari 18 maskapai serta penumpang domestik maskapai Garuda Indonesia, Air Asia, dan Tigerair Mandala.

Selain itu, Angkasa Pura Airports menggandeng Bandara Incheon, Korea Selatan, untuk pengembangan area komersial di bandara. Konsep baru ini akan menciptakan pengalaman yang unik di dalam bandara bagi para pengunjung, sekaligus sebagai upaya Angkasa Pura Airports dalam meningkatkan pendapatan non-aeronautika. []

Keatas