EN ID

Bandara Baru Yogyakarta Direncanakan Dapat Beroperasi 2016

23 Apr 2014

Kembali ke List


JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) operator bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia, Angkasa Pura Airports, sedang membangun bandara baru di Yogyakarta, yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo. Bandara baru tersebut akan menggantikan Bandara Adisutjipto sebagai bandara sipil. Biaya pembangunan bandara baru ini diperkirakan menelan investasi Rp 6 triliun. Bandara baru ini akan dilengkapai fasilitas transportasi kereta bandara layaknya Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara.

"Kita hendak membangun bandara baru di Yogyakarta. Kita ingin membangun dalam bentuk city, namun bukan semata city melainkan airport city. Di mana airport tersebut sebagai nucleus atau inti. Kemudian infrastruktur di sekitarnya hidup karena ada intermoda transportasi serta terdapat kereta. Itu yang ingin kita capai," ucap President Director Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo. Menurutnya, bandara baru ini rencananya dapat beroperasi tahun 2016.

Bandara baru ini juga akan mendukung Provinsi Yogyakarta sebagai destinasi wisata dari turis domestik dan dunia. Untuk mengembangkan bandara baru ini, Angkasa Pura Airports menggandeng mitra luar negeri. Angkasa Pura Airports mengajak GVK, yang merupakan perusahaan dan operator bandara asal India yang sukses mengelola bandara di Mumbai dan Bangalore. [Maria Ferdinandus/Sumber: Detik.com]

Keatas