EN ID

Bandara di Atas Air Pertama di Indonesia

23 Apr 2014

Kembali ke List


JAKARTA - Setelah tol atas laut, Indonesia akan punya bandara di atas air pertama terletak di Semarang. Butuh Rp 1,5 triliun untuk bisa mewujudkan bandara tersebut. Proyek ini akan dikerjakan oleh Angkasa Pura Airports di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Bandara ini akan mengadopsi konsep eco airport atau bandara ramah lingkungan karena dibangun di atas tanah rawa dan air tanpa mengganggu lingkungan sekitar.

Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha mengatakan, sebanyak 90% pembangunan dan perluasan terminal baru Bandara Ahmad Yani dilakukan di tanah rawa sehingga proses kontruksi berbeda dengan bandara di Bali atau Surabaya. Rencana awal, pengembangan terminal baru Bandara Ahmad Yani membutuhkan investasi sebesar Rp 1,1 triliun. Nilai investasi ini terus berkembang seiring anjloknya nilai kurs rupiah terhadap dolar AS, sehingga nilai investasi melonjak menjadi Rp 1,5 triliun. Proses kontruksi sendiri akan memakan waktu selama 2 tahun.

"Nilai investasi harusnya Rp 1,1 triliun, tapi disesuaikan dengan kenaikan dolar AS," ucap Farid. Terminal baru ini nantinya mampu menampung hingga 5 juta penumpang per tahun. Daya tampung terminal yang ada saat ini adalah 800.000 penumpang, padahal total penumpang yang datang dan pergi dari Bandara Ahmad Yani mencapai saat ini mencapai 3,5 juta orang per tahun. [Maria Ferdinandus/Sumber: Detik.com]

Keatas