EN ID

Kebal Api Hingga Antigendam Diklat Dasar Petugas Pengaman Bandara

10 Oct 2015

Kembali ke List


SIDOARJO -  Pelantikan pegawai aviation security (avsec) Sabtu malam (10/10) berlangsung mendebarkan. Kegiatan yang menutup rangkaian Diklat Basic Avsec tersebut diwarnai atraksi kebal terhadap api. Setiap peserta diharapkan melewati bara api yang diletakkan di lapangan samping gedung serbaguna kompleks Angkasa Pura Office Building Juanda. Api itu harus mampu dilalui dengan bertelanjang kaki.
 
Atraksi tersebut merupakan bagian dari hipnoterapi atau terapi sugesti. Sebanyak 151 petugas pengamanan bandara dibekali terapi itu agar mentalnya semakin kuat. Terutama saat menghadapi penumpang yang membawa barang terlarang dan berbahaya. Kesiagaan tersebut menjadi kewajiban avsec saat melayani dan mengawasi ribuan hingga puluhan ribu penumpang masuk dan keluar terminal.
 
"Kami berikan materi power mind (kekuatan pikiran) agar para avsec ini tidak sampai kecolongan," ungkap Human Capital and General Affair Angkasa Pura Airports, Saptandri Widiyanto. Selama ini, penyelundupan barang terlarang sering menggunakan berbagai modus. Mulai menenteng barang masuk kabin pesawat hingga dikemas dalam koper khusus untuk masuk bagasi. Penguatan mental tersebut juga mampu menangkal kemungkinan penumpang melakukan aksi gendam.
 
Personel avsec yang mengikuti diklat dasar berasal dari tiga angkatan, yakni IX, X, dan XI. "Mereka merupakan tulang punggung 13 bandara di kawasan Indonesia Timur yang dikelola Angkasa Pura Airports," lanjut Saptandri. Tiga belas bandara itu antara lain, Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Lombok Praya, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.
 
Diklat dasar berlangsung sejak pertengahan September lalu. Berbagai materi dalam ruangan dan praktik luar lapangan diberikan kepada avsec untuk mengantongi lisensi sekuriti keamanan penerbangan. Mereka juga menjalani latihan dasar disiplin dan bela negara di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran Juanda. [PD/Sumber: Jawa Pos]

Keatas