EN ID

Bandara Sepinggan Raih Best of The Best Airport of The Year 2014

11 Dec 2014

Kembali ke List


JAKARTA - Upaya peningkatan kualitas pelayanan yang selama ini ditunjukkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) kembali berbuah manis. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan berhasil menyabet gelar sebagai "Best of The Best Airport of The Year" dalam ajang Bandara Award 2014, yang diadakan oleh Majalah Bandara bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata. Penganugerahan penghargaan ini berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu malam (10/12).

"Kami bersyukur atas apresiasi terhadap pelayanan yang telah kami berikan selama ini. Semoga penghargaan ini dapat memacu kami untuk terus meningkatkan level of service di bandara-bandara yang kami kelola," ujar President Director PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo.

Selain Bandara Sepinggan Balikpapan, bandara lain di bawah kelolaan Angkasa Pura Airports yang berhasil memperoleh penghargaan dalam ajang Bandara Awards 2014 ini antara lain Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai "1st Best Airport", T1 Bandara Juanda Surabaya sebagai "2nd Best Airport", serta T2 Bandara Juanda Surabaya yang meraih gelar "Progressive Airport". Selain itu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mendapatkan penghargaan sebagai "Good Airport" untuk bandara dengan 5 juta penumpang ke atas dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta sebagai "Good Airport" untuk bandara sampai dengan 2 juta penumpang per tahun. Tahun lalu, gelar "Airport of The Year" dipegang oleh Bandara Juanda Surabaya, yang berhasil dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan Bandara Award 2014 tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya. Penilaian Bandara Award 2014 dilakukan melalui kegiatan survei di 53 bandara di seluruh Indonesia, baik yang dikelola oleh Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, maupun UPT Kementerian Perhubungan. Survei ini melibatkan 1.600 responden. Selain melalui survei, penilaian juga dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari Herry Bakti S. Gumay (mantan Dirjen Perhubungan Udara), Dudi Subagyo (pengamat penerbangan), Agus Pambagio (pengamat kebijakan publik), Otong Rukmana (akademisi), serta Olivia Zalianty (artis). Mereka menilai bentuk pelayanan, kualitas dan peningkatan fasilitas, sarana, dan prasarana yang ada pada bandara mulai akses bandara, informasi, pelayanan imigrasi, pelayanan keberangkatan dan kedatangan, kenyamanan terminal, toilet, fasilitas belanja dan restoran, serta fasilitas umum lainnya.

"Keberhasilan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan ini menjadi salah satu bukti bahwa layanan yang kami hadirkan dapat memenuhi harapan para pengguna jasa bandara," ujar General Manager Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Wendo Asrul Rose.  [Arif Haryanto]

Keatas