EN ID

Angkasa Pura Airports Berikan Bekal ke Pegawai Sebelum Pensiun

04 Jun 2014

Kembali ke List


SLEMAN -- Memasuki masa pensiun, diharapkan para pegawai bisa mengisinya dengan kegiatan produktif. Mempersiapkan hal itu, Angkasa Pura Airports di Jogjakarta memberikan pelatihan kepada sejumlah pegawainya. Training and Development Group Head Angkasa Pura Airports Cecep Marga Sonjaya mengatakan pelatihan prapurna bakti ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya mempersiapkan dan memberikan bekal kepada para pegawai yang memasuki masa purna bakti. Pelatihan ini dilakukan di Prambanan Room Hotel Grand Tjokro Jogjakarta sejak Senin (2/6) hingga Sabtu (7/6) nanti.

"Agar mereka bisa mengisi masa pensiun dengan nyaman dan sejahtera. Pembekalan ini meliputi kewirausahaan, psikologi dan kesehatan," kata Cecep kemarin. Pembekalan dan pelatihan ini, lanjut Cecep, dilakukan dalam tiga angkatan dalam lingkup Angkasa Pura Airports. Selain di Jogjakarta, kegiatan ini juga dilaksanakan di Makassar dan Malang. Dengan pembekalan ini diharapkan para pegawai purna bakti dapat tetap menikmati kehidupannya.

Cecep mengungkapkan pengelolaan secara maksimal pada aspek kewirausahaan, psikologi dan kesehatan dapat menjadi bekal saat memasuki masa pensiun. Diakui oleh Cecep memasuki masa ini masih kerap terjadi jenjang emosional dan psikologis. "Hampir semua mengalami hal ini. Tapi kita membuka mata bahwa pensiun itu bukan akhir dari semuanya," katanya.

 Sementara itu, Penyelenggara Pelatihan Prapurna Bakti Ir Asto Waluyo, MM, MBA mengungkapkan dalam pembekalan disiapkan materi switching mental oleh Agung Fatwa. Adapula pensiun plan oleh Putu Putrayasa. Sedangkan pembekalan tentang sukses berwirausaha sesuai risiko dan modal oleh Asto Waluyo. Ketiga materi ini diberikan secara bergantian setiap harinya.

"Kita bongkar kebiasaan yang dilakukan dalam selama masa kerja sebagai pegawai. Tentunya banyak yang mengalami kekosongan karena tidak ada kegiatan. Padahal masih ada kegiatan lain yang bisa dilakukan saat pensiun," kata Asto. (Pardika Dewi RS/sumber: Radar Jogja)


Keatas