EN ID

Bandara Internasional Juanda Surabaya Kembali Raih Service Quality Golden Award 2014

06 Jun 2014

Kembali ke List


JAKARTA – Penghargaan kembali diraih oleh Bandara Internasional Juanda Surabaya. Bandara dibawah kelola PT Angkasa Pura I ini berhasil menyabet kembali penghargaan Service Quality Gold Award   2014 yang diselenggarakan oleh Majalah Service Excellence dan lembaga riset Carre – Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL) untuk kategori industri Domestic Airport. Penghargaan ini diberikan pada malam penganugerahan yang digelar di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta, pada Hari Kamis malam (5/06).

Service Quality Award diberikan sebagai apresiasi kepada para pelaku bisnis di bidang service industries. Penghargaan ini diberikan atas dasar survey melalui wawancara tatap muka yang diberikan kepada 3000 responden dari kelas premium dan menengah di Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Bandara Internasional Juanda dalam survey ini berhasil meraih skor Service Quality   Index (SQ Index) 3.9278. Aspek penilaian SQ Index ini terdiri dari dua dimensi, yakni Perceived Service Value (PSV) dan Perceived Service Quaility (PSQ). PSV sendiri merupakan persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang yang mereka keluarkan dibandingkan dengan service yang mereka nikmati, sementara PSQ meliputi empat KPI utama pelayanan yang mewakili moment of truth yakni service accessibility (akses terhadap layanan), service process (prosedur dan unsur-unsur yang terkait dengan proses pelayanan), people (staf yang berinteraksi dengan pelanggan), serta service solution. Dalam hal ini, skor   yang didapat Bandara Internasional Juanda untuk PSV sebesar 3.9044 dan PSQ sebesar 3.9486.

General Manajer PT Angkasa Pura I Trikora Harjo mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras yang selama ini dilakukan. Pihaknya selalu menekankan realisasi pelayananan yang baik kepada pengunjung dan penumpang. Hal tersebut disikapi semua jajaran dengan penuh kedisiplinan sehingga Bandara Internasional Juanda menjadi yang terbaik. Terlebih lagi dengan telah dioperasikannya T2 di Bandara Juanda yang mana hal tersebut dilakukan demi menunjang kualitas pelayanan yang diberikan.

"Kami tidak ingin mengecewakan pengunjang dan penumpang. Tantangan kami adalah mempertahankan prestasi ini," ujarnya. Penghargaan ini tentu saja tidak membuat PT Angkasa Pura I cabang Bandara Internasional Juanda puas dalam memberikan pelayanan. Dengan diraihnya penghargaan ini justru semakin memotivasi dan memicu semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. (Pardika Dewi RS)


Keatas