EN ID

Angkasa Pura Airports Tanam 2.000 Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014

14 Aug 2014

Kembali ke List


MAROS - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2014 sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-50 Angkasa Pura Airports, dilakukan penanaman pohon dan pembuatan biopori secara simbolis di area Bandara Sultan Hasanuddin, Maros (14/08). Acara ini dihadiri antara lain oleh President Director Angkasa Pura Aiports Tommy Soetomo, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang, Bupati Maros M Hatta Rahman, para pejabat Angkasa Pura Airports, serta komunitas bandara.

"Hari ini kami akan menanam 2.000 batang pohon serta membuat 50 buah lubang biopori secara simbolis di Bandara Sultan Hasanuddin ini. Selain itu, kami juga memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemberian 30 unit tempat sampah untuk ditempatkan di kawasan wisata Bantimurung," ujar Tommy Soetomo.

Menurut Tommy, Angkasa Pura Aiprorts sebagai perusahaan pengelola bandara sangat berkepentingan terhadap isu-isu lingkungan, mengingat dalam operasional sebuah bandara memiliki dampak dan pengaruh lingkungan, seperti kualitas udara, kebisingan, penggunaan air, hingga masalah limbah baik padat maupun cair. "Salah satu dari 5 arahan strategis Angkasa Pura Airports adalah kontribusi positif terhadap lingkungan. Ini artinya, kami melihat bahwa pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup merupakan salah satu pertimbangan utama dalam seluruh proses bisnis perusahaan," katanya.

Untuk itu, lanjut Tommy, Angkasa Pura Airports telah membuat beberapa program dalam pelaksanaan kebijakan terkait pengelolaan lingkungan ini, diantaranya penerapan konsep eco airport dan green airport. "Konsep ini telah diterapkan terutama pada bandara-bandara yang baru saja dikembangkan, seperti Bandara IGusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, serta Bandara Sepinggan Balikpapan. Bahkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai kami mengembangkan penerapan teknologi tenaga surya. Kami berkomitmen untuk menerapkan eco airport ini pada bandara-bandara yang saat ini sedang dan akan dibangun dan dikembangkan," tegas Tommy.

Sebelum acara penanaman pohon ini, Angkasa Pura Airports juga menyelenggarakan seminar bertema lingkungan hidup yang menghadirkan pembicara dari kalangan pakar dan akademisi dari UGM dan IPB serta pejabat dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Lingkungan Hidup.

"Melalui seluruh rangkaian kegiatan yang mengambil tema ‘Airport Goes Green’ ini, kami ingin mengukuhkan sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian dan komitmen tinggi terhadap lingkungan hidup. Semoga apa yang kami lakukan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan bumi kita tercinta," kata Tommy. [Arif Haryanto]

Keatas