EN ID

Angkasa Pura Airports Gelar Seminar Lingkungan Hidup Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014

13 Aug 2014

Kembali ke List


MAROS - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2014 sekaligus sebagai rangkaian peringatan ulang tahun emasnya, Angkasa Pura Airports menggelar seminar bertema lingkungan hidup. Kegiatan seminar yang menghadirkan narasumber akademisi dan pakar bidang lingkungan ini diselenggarakan di Hotel Aryaduta Makassar, Rabu (13/08).

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni merupakan sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif.  Terkait dengan itu, Angkasa Pura Airports sebagai perusahaan pengelola bandara sangat berkepentingan terhadap isu-isu lingkungan, mengingat dalam operasional sebuah bandara memiliki dampak dan pengaruh lingkungan, seperti kualitas udara, kebisingan, penggunaan air, hingga masalah limbah baik padat maupun cair," ujar Operation Director Angkasa Pura Airports Yushan Sayuti.

Menurut Yushan, salah satu dari 5 arahan strategis Angkasa Pura I adalah kontribusi positif terhadap lingkungan. "Artinya, kami melihat bahwa pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup merupakan salah satu pertimbangan utama dalam seluruh proses bisnis perusahaan. Melalui seminar yang bertema lingkungan ini, kami ingin mengukuhkan sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian dan komitmen tinggi terhadap lingkungan hidup," imbuhnya.

Acara seminar ini menghadirkan narasumber antara lain DR. Eko Sugiharto dari UGM yang membawakan materi "Pengelolaan Lingkungan Hidup Bandara", Prof. Dr. Harini Muntasib  (Guru Besar IPB) dengan materi "Eco Airport", Yusfandri Gona (Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan) dengan materi "Implementasi RAN GRK di Sektor Transportasi Udara", serta Yazid Nurhuda (Asisten Deputi Perjanjian Internasional Kementerian Lingkungan Hidup) dengan materi "Hukum Lingkungan".

Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, besok (14/08) Angkasa Pura Airports juga akan melakukan kegiatan penanaman 2.000 batang pohon serta pembuatan 50 buah lubang biopori secara simbolis di area Bandara Sultan Hasanuddin, Maros. Selain para pejabat Angkasa Pura Aiports, acara ini juga akan melibatkan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Bupati Maros, Danlanud Hasanuddin Makassar, serta komunitas bandara. [Arif Haryanto]

Keatas