EN ID

Angkasa Pura Airports Siapkan Sosialisasi bagi Warga Terdampak

18 Aug 2014

Kembali ke List


Yogyakarta - Jalan panjang pengadaan lahan untuk rencana pembangunan bandara baru Yogyakarta sebagai pengganti bandara eksisting Adi Sutjipto, terus diupayakan Angkasa Pura Airports bersama pihak terkait. Yang terbaru, pertemuan manajemen Angkasa Pura Airports dengan Bupati Kulonprogo dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Yogyakarta (13/8). Dalam pertemuan yang membahas kemungkinan-kemungkinan opsi relokasi dan pematangan materi sosialisasi tersebut, Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo menegaskan dukungan Pemerintah Kabupaten terhadap rencana pembangunan bandara baru Yogyakarta. "Dua hal yang bisa dinikmati Pemerintah Daerah dan masyarakat dengan keberadaan bandara baru ini adalah keadaan yang baik atau baik sekali," jelas Hasto. 


Terkait dengan kejelasan waktu sosialisasi, manajemen Angkasa Pura Airports yang diwakili Finance and IT Director, Gunawan Agus Subrata memberikan keterangan bahwa rencana sosialisasi akan dilakukan dalam waktu dekat. "Angkasa Pura Airports dibantu oleh Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan Universitas Gadjah Mada dalam penyusunan materi sosialisasi," terangnya.  Sejatinya sosialisasi dilakukan pada 4 Agustus silam, namun harus dijadwalkan ulang terkait waktu dan kesiapan materi.

Guna mematangkan materi sosialisasi tersebut, Tim Angkasa Pura Airports mengadakan pertemuan workshop bersama Pemerintah Daerah DIY, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, dan PSPK-UGM selaku mediator workshop pada 14 Agustus 2014 bertempat di Yogyakarta. "Saat ini, kami sedang membahas materinya dengan Pemkab Kulonprogo. Aturan main sosialisasi akan dijalankan sesuai dengan Undang-Undang. Jika materi sudah disetujui Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo, kami segera melakukan sosialisasi," jelas Gunawan.


Senada dengan Gunawan, Corporate Secretary Angkasa Pura AIrports, Farid Indra Nugraha mengatakan, pihaknya masih menggodok materi sosialisasi bersama pemerintah daerah. Model dan tindak lanjut yang akan dilakukan Angkasa Pura Airports serta bentuk support pemerintah daerah masih disusun bersama. Dari workshop tersebut, diharapkan dapat diketahui mana yang menjadi kewajiban Angkasa Pura Airports serta kewajiban yang menjadi porsi Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Dalam proses pembangunan bandara di Kulonprogo, Angkasa Pura Airports berupaya  melakukannya secara hati-hati. Angkasa Pura Airports sangat memperhatikan warga terutama yang terdampak langsung dari pembangunan bandara sesuai yang diamanatkan Undang-Undang dengan mengindahkan konsep pembangunan yang berpusat pada manusia (People-centered development). "Angkasa Pura Airports tidak semata mencari profit, tanggungjawab sosial melekat dalam semua proses kegiatan baik pra konstruksi, konstruksi, hingga bandara tersebut beroperasi," pungkasnya. [Yuristo Ardhi]

Keatas