EN ID

Pesan Dahlan Iskan di Peluncuran BUMN Insight

14 Oct 2014

Kembali ke List


JAKARTA - Seorang pria terlihat berpakaian necis serba putih ala Meneer Belanda, di sampingnya terlihat seorang ibu dengan tampilan nonik-nonik lengkap dengan topinya. Mereka berdua berdiri di pintu sebuah gedung berwarna merah dengan nuansa oriental. Sang Meneer Belanda ternyata adalah Wahyu Suparyono, Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) yang menunggu kedatangan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Tak berapa lama, yang ditunggu tiba. Memakai seragam kapten kapal lengkap dengan topi dan tanda pengenal, Dahlan langsung disambut para tamu undangan yang juga memakai kostum “vintage” sesuai dresscode acara. Dahlan tiba di lokasi untuk meresmikan peluncuran majalah BUMN Insight. "Saya kira saya sendiri yang tampil beda, ternyata penampilannya ada yang lebih aneh daripada saya," ucap Dahlan.

Bertempat di Toko Merah, Kawasan Kota Tua, Jakarta pada Selasa (14/10) majalah BUMN Insight resmi diluncurkan. Mengusung tagline Dinamika-Kinerja- Kontribusi, BUMN Insight hadir dengan semangat sebagai media ekonomi dan bisnis yang menyajikan dinamika hingga prestasi BUMN, media sosialisasi kebijakan dan program Kementerian BUMN, serta inspirasi tentang dedikasi untuk Indonesia yang lebih baik. "Kinerja BUMN selama tiga tahun terakhir sungguh mengkuatirkan, mengkuatirkan bagi pihak swasta. Karena banyak BUMN memiliki kinerja baik yang bisa jadi pesaing serius bagi swasta," ungkap Hadi Mustofa Djuraid, Pemimpin Redaksi BUMN Insight.

Senada dengan Hadi, Dahlan menyebut 3 (tiga) fungsi strategis BUMN ke depan. "Yang pertama BUMN sebagai instrumen ketahanan nasional. Kedua, BUMN sebagai engine of growth. Swasta tentu tidak mau masuk ke proyek yang secara bisnis belum bisa memberikan laba. Kalau proyek itu sangat penting dan berdampak pada pergerakan ekonomi, BUMN harus mengerjakannya. Seperti pelabuhan, bandara, jalan tol, dan industri hulu solar. Peran terakhir adalah BUMN harus bisa menumbuhkan kebanggan nasional," ujar Dahlan.

Dalam rangkaian seremonial launching Majalah BUMN Insight,  diselenggarakan pula pameran foto capaian monumental BUMN periode tahun 2011-2014 dengan tema BUMN Out of The Box dari tanggal 14-19 Oktober 2014 di Toko Merah, Kawasan Kota Tua Jakarta. Dalam pameran yang terbuka untuk umum ini, Angkasa Pura Airports turut ambil bagian dengan mengirimkan foto-foto yang mewakili megaproyek Bandara I Gusti Ngurah Rai, Sultan Aji Muhammad Sepinggan-Balikpapan, dan T2 Juanda Surabaya sebagai capaian monumentalnya. [Yuristo Ardhi Hanggoro]

Keatas