EN ID

Pengembangan Bandara Ahmad Yani Masuk Tahap Pertama

08 Jul 2014

Kembali ke List


SEMARANG - Pengembangan Bandara Ahmad Yani tahap pertama sudah dimulai, pasca-groundbreaking 17 Juni 2014. Pantauan Suara Merdeka, di area pengembangan bandara belum terlihat alat berat. Terlihat pada dua titik beberapa pekerja sedang mengukur kedalaman tanah. Andi Rahmanto, salah satu pekerja Hutama Karya mengatakan, pengerjaan tahap pertama meliputi pekerjaan lahan dan jalan akses. Paket pertama pekerjaan yaitu pembangunan akses jalan, parkir, gedung terminal, dan apron bandara. Saat ini proses pengerjaan dalam tahap pengukuran lahan dan kedalaman tanah. "Untuk mengetahui berapa dalam tanah yang akan dipancang paku bumi," paparnya.

Sementara General Affair dan Communication Section Head Angkasa Pura Airports Cabang Bandara Ahmad Yani, Anom Fitranggono mengatakan, rencananya setelah pengembangan tahap pertama selesai, lokasi keberangkatan dan kedatangan penumpang aka dipindah ke lokasi baru, sementara lokasi saat ini akan ditutup dan dikembalikan ke TNI AD.

Tingkatkan Kapasitas

"Kami menyerahkan kepada TNI AD perihal pemanfaatan lokasi lama. Yang jelas seluruh akses masuk dan ke luar akan melalui lokasi baru. Jalannya juga pindah lewat PRPP," ungkapnya. Dia menambahkan, bandara baru akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya hanya 800.000 penumpang. Saat ini, luas terminal penumpang hanya 6.108 meter persegi. Dengan pengembangan yang ada, luasan terminal penumpang akan menjadi 55.000 meter persegi.

Bandara Internasional Ahmad Yani nantinya akan dilengkapi beberapa fasilitas yaitu 30 konter check in, tiga unit aviobridge, empat konter visa on arrival, lima unit elevator, satu unit travelator, dan tujuh unit eskalator. Area parkir pengunjung juga akan diperluas menjadi 43.634 meter persegi. [Diani Sekaring Sejati/Sumber: Suara Merdeka]

Keatas