EN ID

Patuhi Aturan Lingkungan Hidup, Angkasa Pura Airports Laksanakan Uji Emisi Gratis

04 Mar 2015

Kembali ke List


JAKARTA - Ada situasi yang berbeda di pelataran parkir Gedung Grha Angkasa Pura I, Rabu (4/3). Puluhan mobil terlihat mengular dengan rapi dengan antrian terdepan berada di bawah sebuah tenda. "Hari ini dan besok kami menggelar uji emisi bagi seluruh kendaraan karyawan Angkasa Pura. Sekarang mobil, kendaraan roda dua besok," jelas SHE Department Head Dedi Ruhiyat. Uji emisi yang diselenggarakan atas kerjasama dengan PT Sawo Indonesia tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepatuhan Angkasa Pura Airports terhadap Dokumen Rencana Pantau Lingkungan (RPL) dan Rencana Kelola Lingkungan (RKL). "Salah satu dari empat hal yang mandatory dilakukan dalam Dokumen RPL dan RKL adalah melaksanakan uji emisi kendaraan," jelas Dedi. Diharapkan nantinya, Angkasa Pura Airports minimal telah melaksanakan kepatuhan terhadap aturan lingkungan hidup. Jangka pendeknya adalah kepatuhan terhadap RPL dan RKL, sementara jangka panjangnya adalah untuk memperoleh pengakuan dari Airport Council International (ACI) untuk Airport Carbon Acreditation (ACA). "Saat ini kita berusaha mengejar ketertinggalan, karena bandara-bandara terbaik di dunia sudah melaksanakan dan memperoleh akreditasi dari ACI," imbuh Dedi.

Secara bertahap, nantinya kegiatan uji emisi juga akan dilaksankan di masing-masing kantor cabang untuk kendaraan pribadi, pool, dan bahkan ke depannya kendaraan Ground Support Equipment (GSE). "Target hari ini adalah 90 mobil, belum sampai setengah hari tercatat sekitar 55 mobil yang sudah diuji," jelas SHE Officer Herdanu yang mengawal kegiatan tersebut. Beberapa karyawan yang sempat ditemui pun terlihat senang menunggu kendaraannya diuji. "Acaranya bagus, positif. Terlebih bandara Angkasa Pura Airports berusaha menjadi bandara yang ramah lingkungan atau eco airport," ungkap Diani yang senang mobilnya lolos uji emisi.

"Selain memberikan manfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan, kegiatan semacam ini juga bermanfaat bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui apakah kendaraannya dalam kondisi bagus atau tidak. Jadi manusianya terlindungi, lingkungannya lestari," tambah Deddy. Kegiatan lain yang akan dilaksanakan di kantor pusat Angkasa Pura Airports sesuai Dokumen RPL dan RKL adalah pembuatan lubang biopori, pengukuran emisi udara, dan studi lalu lintas. [Teks: YAH/ Foto: CMN]

Keatas