EN ID

Majalah Angkasa Pura Borong 5 Penghargaan dalam BIMA 2014

19 Jun 2014

Kembali ke List


JAKARTA - Majalah Angkasa Pura, media internal PT Angkasa Pura I (Persero), berhasil meraih lima penghargaan dalam ajang BUMN Internal Media Awards (BIMA) 2014 yang digelar oleh BUMN Track. Acara penganugerahan BIMA 2014 ini digelar di Club House Pondok Indah Golf, Jakarta, Rabu malam (18/06).

"Dalam ajang yang baru pertama kalinya digelar ini, Majalah Angkasa Pura mengirimkan empat edisi yang semuanya terbit pada tahun 2013. Hasilnya, Majalah Angkasa Pura berhasil meraih penghargaan di semua subkategori yang dilombakan di Kategori Majalah Internal BUMN," ujar Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha. Adapun penghargaan yang berhasil diraih Majalah Angkasa Pura adalah:

Subkategori Substansi, Bahasa, dan Sistematika Terbaik:

  • Penghargaan Emas diraih oleh Majalah Angkasa Pura Edisi September-Oktober 2013
  • Penghargaan Perak diraih oleh Majalah Angkasa Pura Edisi November-Desember 2013

Subkategori Komposisi Desain Isi Terbaik:

  • Penghargaan Perak diraih oleh Majalah Angkasa Pura Edisi November-Desember 2013

Subkategori Cover Terbaik:

  • Penghargaan Perak diraih oleh Majalah Angkasa Pura Edisi November-Desember 2013
  • Penghargaan Perunggu diraih oleh Majalah Angkasa Pura Edisi Juni-Agustus 2013

"BIMA 2014 ini bertujuan untuk mendukung peran dan fungsi media internal BUMN sebagai instrumen kehumasan dalam menunjang peningkatan kinerja, citra, dan reputasi BUMN. Selain itu juga untuk mendorong peningkatan kualitas media internal BUMN melalui sebuah kompetisi yang fair, terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan," ujar Hadi M Djuraid dari BUMN Track.

Menurut Hadi, penyelenggaraan BIMA 2014 kali ini diikuti oleh 146 edisi, baik berupa majalah, tabloid, dan buletin, yang berasal dari 60 BUMN yang mendaftarkan diri. "Melalui BIMA 2014, BUMN diharapkan dapat lebih terpacu untuk mengembangkan media internal ini secara maksimal, mengingat peran media internal sebagai bagian penting dari sebuah korporasi," imbuhnya.

Dewan juri yang terlibat dalam BIMA 2014 antara lain A Pandu Djajanto (Kementerian BUMN), Sinansari S Ecip (Jurnalis Senior), Hifni Alifahmi (Pakar Kehumasan), N Syamsudin Ch Haesy (Jurnalis Senior), dan Nonie Soeparman (Creative Director). Kriteria penilaian BIMA 2014 tidak hanya menilai tampilan visual, namun menilai media internal secara utuh, mulai dari efektivitas fungsi kehumasan, desain/lay-out isi, desain cover, substansi dan kualitas isi, kualitas foto, hingga penggunaan Bahasa Indonesia.

"Secara substansi, media internal harus mampu tampil secara informatif, aspiratif, dan efektif. Dengan kriteria penilaian yang demikian kompleks, dimana kami harus benar-benar membaca satu per satu setiap isi media yang masuk, menjadikan proses penilaian dan penjurian BIMA 2014 ini membutuhkan waktu yang panjang," ujar Pandu Djajanto.

Media internal, kata Pandu, merupakan corong perusahaan, yang mengabarkan tentang apa yang terjadi di BUMN. "Melalui ajang ini diharapkan pengelola media internal BUMN banyak lagi belajar untuk menyajikan informasi yang lebih informatif terkait kinerja perusahaan. Berkontribusi lebih kepada perusahaan melalui media internal," katanya. "Ternyata media internal tak kalah menarik dibandingkan dengan media umum. Majukanlah media internal untuk menjelaskan kepada karyawan dan publik tentang apa yang terjadi di perusahaan," tambah Syamsudin Ch Haesy.

Sebelumnya, Majalah Angkasa Pura juga berhasil meraih Golden Winner dalam ajang Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) 2014 yang diselenggarkan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada 8 Februari 2014 lalu. []

Keatas