EN ID

DIRGANTARA RAHARJA KE-61

19 Apr 2011

Kembali ke List


Salah satu upaya meningkatkan keterampilan dalam pemberian pelayanan di Bandar Udara Pattimura Ambon adalah dengan mengadakan latihan skala besar yang melibatkan segala unsur terkait, sehingga apabila keadaan gawat darurat benar-benar terjadi maka penanggulangan dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Untuk itu pada hari Kamis, 14 april 2011, bertempat di approach area Runway 04 Bandara Pattimura berlangsung acara Penanggulangan Gawat Darurat (PGD) dan Avsec Exercise “Dirgantara Raharja ke-61”.

Melibatkan sebanyak 409 personil pelaksanaan acara ini berskala nasional sehingga dinilai dan dihadiri oleh Pejabat  Kementrian Perhubungan Udara, Pejabat Daerah Provinsi Maluku, Direksi, Pejabat Kantor Pusat dan perwakilan bandara-bandara lain di lingkungan PT. Angkasa Pura I (Persero) serta para undangan lainnya. Yang membuat pelaksanaan PGD kali ini berbeda dengan yang sebelumnya adalah dengan menggabungkan 2 (dua) matra sekaligus, yaitu di darat dan di laut, sehingga lebih banyak lagi unsur dan instansi yang terlibat dan benar-benar menjadi tolak ukur dalam menilai dan mengevaluasi keterampilan SDM, fasilitas pendukung penerbangan dan prosedur serta koordinasi yang ada dan tertuang dalam Airport Emergency Plan dan Airport Security Program untuk ditingkatkan lebih baik lagi.

 Dengan dilaksanakannya latihan pertolongan dan penggulangan gawat darurat secara terpadu diharapkan dapat tercapai standar kinerja para pemberi pelayanan dalam dunia penerbangan seperti disyaratkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO).

Keatas