EN ID

Angkasa Pura Airports Perlebar Sayap Bisnis

23 May 2013

Kembali ke List


JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memperlebar sayap bisnisnya dengan membuat empat anak perusahaan. Diharapkan, keempat anak perusahaan mampu memberikan tambahan penghasilan bagi Angkasa Pura Airports.

Menurut President Director Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo, hasil usaha dari anak-anak perusahaan bisa menggantikan pendapatan perusahaan yang hilang setelah jasa navigasi udara dilepas dari bisnis pengelolaan bandar udara.

"Penghasilan dari jasa navigasi udara kami cukup besar, sekitar Rp 900 miliar setiap tahunnya. Penghasilan ini mencapai 60-70 persen pendapatan kami," kata Tommy di Jakarta, Rabu (22/5).

Keempat anak perusahaan itu yaitu Angkasa Pura Logistics, Angkasa Pura Property, Angkasa Pura Hotels, dan Angkasa Pura Support. "Kami berharap tahun 2014 mereka sudah bisa memberikan pendapatan bagi kami. Bahkan saat ini, Angkasa Pura Logistics sudah menyetorkan laba kepada kami Rp 150 miliar," kata Tommy.

Dalam pengembangan ini, Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha mengatakan, Angkasa Pura Airports dan anak-anak perusahaan melakukan kerja sama strategis dengan beberapa perusahaan yang memang sudah piawai di bidangnya. "Dari hitungan kami, kerja sama strategis ini akan menambah penghasilan kami hingga Rp 1,8 triliun," kata Farid.

Kerja sama yang dilakukan misalnya dengan PT Wijaya Karya Tbk untuk membangun vila dan kondotel mewah di Kuta, dengan Jasa Marga untuk membangun Jalan Tol Benoa, dengan ExecuJet untuk membangun terminal khusus bagi kelas atas (general aviation), dan sebagainya. Untuk mewujudkan kerja sama itu, Angkasa Pura Airports tahun 2013 ini mengalokasikan belanja modal Rp 7,3 triliun. [Sumber: Kompas].

Keatas