EN ID

Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Terbaik Indonesia 2016

29 Nov 2016

Kembali ke List


JAKARTA - Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dinobatkan sebagai Bandara Terbaik di Indonesia tahun 2016 dalam ajang Bandara Awards yang diselenggarakan oleh Majalah Bandara serta didukung oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata. Piala penghargaan diberikan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan diterima langsung oleh General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Pujiono didampingi oleh Direktur Utama Angkasa Pura Airports Danang S. Baskoro di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa malam (29/11).

"Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bersama yang didapatkan oleh Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Angkasa Pura Airports. Prestasi ini merupakan hasil dari jerih payah tim manajemen kantor cabang Bandara SAMS Sepinggan, dukungan manajemen kantor pusat Angkasa Pura Airports, dan semua pihak yang berkontribusi sehingga Bandara SAMS Sepinggan berhasil meraih prestasi ini. Ke depan kami akan terus berupaya mewujudkan komitmen untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan dalam rangka memenuhi kebutuhan penumpang jasa bandara,” ujar Pujiono, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Danang S. Baskoro mengatakan, "Terima kasih atas kerja keras dan komitmen tim manajemen kantor cabang Bandara SAMS Sepinggan untuk memberikan pelayanan berkualitas prima bagi pengguna jasa bandara. Saya harap ke depannya inovasi pelayanan tidak berhenti sampai di sini sehingga kita dapat meningkatkan standard pelayanan jadi lebih baik lagi dan memicu bandara lainnya untuk berlomba meningkatkan standard kualitas pelayanan yang dapat dijadikan model acuan pelayanan bandara di tingkat nasional".

Bandara Awards merupakan sebuah ajang pemberian penghargaan kepada bandara di seluruh Indonesia. Pada penyelenggaraan pertamanya pada tahun 2009, Bandara Awards berhasil melakukan survei terhadap 26 bandara dan tahun ini bandara yang di survei mencapai 83 bandara. Bandara yang disurvei meliputi bandara-bandara yang bernaung dalam manajemen Angkasa Pura I sebanyak 13 Bandara, Angkasa Pura II sebanyak 13 Bandara serta Kementerian Perhubungan yaitu Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I sebanyak 13 Bandara, Kelas II Sebanyak 19 Bandara dan Kelas III sebanyak 25 Bandara.

Survei Bandara Awards 2016 merupakan Survei Kepuasan Pengguna Jasa Bandara yang meliputi fasilitas dan pelayanan di bandara. Metode yang digunakan dalam riset adalah survei melalui wawancara tatap muka dan kuesioner yang melibatkan lebih dari 1.800 responden. Survei dimulai pada bulan Juli-Oktober 2016. Hasil survei diolah oleh tim independen dan kemudian dibawa ke rapat Dewan Juri. Adapun Juri Kehormatan dalam Bandara Awards terdiri dari Suprasetyo (Dirjen Perhubungan Udara), Esthy Reko Astuti (Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara), Yudhi Sari Sitompul (Direktur Bandar Udara) serta Herry Bakti S Gumay (Ketua). [AD]

Keatas