EN ID

Bandara Sam Ratulangi Manado Tingkatkan Keselamatan Kerja

04 Mar 2015

Kembali ke List


MANADO - Bandara Sam Ratulangi Manado laksanakan acara Seminar Sehari Memperingati Bulan Bakti K3 Nasional, Rabu (04/03). Turut hadir dalam seminar tersebut adalah Supartoyo selaku Kabid Pengawasan Tenaga Kerja, Muchlis Jacob selaku Kasi Pengawasan Keselamatan Kerja Disnakertrans Prov. Sulawesi Utara, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, District Manager Airnav Indonesia Cabang Manado, para pejabat, serta karyawan dan karyawati Angkasa Pura Airports Cabang Bandara Sam Ratulangi Manado. Seminar tersebut dihadiri juga oleh para mitra kerja dari airlines dan ground handling serta mitra usaha terkait.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan seminar tersebut adalah untuk menumbuhkan dan menamankan kesadaran akan pentingnya K3 dalam dunia kerja. Tidak terkecuali wilayah kerja di bandara khususnya wilayah sisi udara harus benar-benar memahami dan menerapkan K3 agar tidak terjadi kecelakaan kerja," ujar General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Pipin Yusuf Arifin.  "Angkasa Pura Airports telah memiliki unit kerja baru, yaitu Safety Health Environment Section dibawah SMS, QM & CS Department yang lebih konsen terhadap masalah keamanan, keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja,” sambungnya.

Dalam seminar tersebut disampaikan 2 materi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Sukawesi Utara antara lain Perundangan dan Kebijakan K3 serta Kesadaran K3 dalam lingkungan kerja. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang diadakan oleh Angkasa Pura Airports. Ini membuktikan bahwa Angkasa Pura Airports benar-benar konsen dan peduli akan pentingnya kesadaran K3 dalam dunia kerja,” ujar Supartoyo dalam penyampaian materi tersebut. Menurutnya, resiko bahaya lingkungan kerja di wilayah bandara sangat tinggi oleh karena itu setiap perusahaan harus menyediakan perlengkapan alat pelindung diri (APD) bagi karyawannya dalam melaksanakan kegiatan operasional di lapangan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi “Pest Control” yang disampaikan oleh Bapak Deden Wahyudi selaku Customer Development Executive Pest Control PT. Rentokil Indonesia. [Bayu Harditriyanto/SHE MDC]

Keatas