EN ID

Bandara I Gusti Ngurah Rai Serahkan Bantuan PKBL Rp 529 Juta

30 Mar 2015

Kembali ke List


BALI - Awal tahun 2015, Angkasa Pura Airports Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menyalurkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahap pertama sebesar Rp529juta. Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Co General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita, di kantor Angkasa Pura Airports, Senin (30/3) kemarin.

"Kegiatan ini merupakan bagian dan program kerja rutin Bandara I Gusti Ngurah Rai sejak 1992 yang bertujuan memberikan manfaat lebih kepada masyarakat. Penyaluran PKBL hari ini menipakan yang pertama kalinya kami lakukan di tahun 2015," ujar Ardita.

Bantuan kemitraan yang dianggarkan sebesar Rp 465 juta, diberikan kepada 11 pengusaha kategori Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi mitra binaan Angkasa Pura Airports yang berasal dan lima kota dan kabupaten yakni Denpasar, Badung, Tabanan, Gianyar dan Klungkung.

Bantuan Bina Lingkungan dalam bentuk dana beasiswa dianggarkan sebesar Rp 64 juta. Beasiswa itu diberikan kepada 130 siswa yang berprestasi dari empat sekolah menengah pertama, yaitu SMP 1 Kuta. SMP Angkasa, SMP 6 Denpasar dan SMP Ganesha.

Pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup masyarakat, kata Ardita. telah menjadi perhatian khusus Bandara I Gusti Ngurah Rai. "Kami memiliki komitmen penuh dan terus berupaya mendorong tumbuhnya kewirausahaan," katanya.

Upaya mendorong kewirausahaan itu diwujudkan melalui pemberian bantuan kepada usaha kecil. Memberikan pendampingan, pelatihan hingga bantuan pemasaran hasil produk mitra binaan. "Kami juga memiliki program penyaluran bantuan dana hibah, yang bertujuan peningkatan kualitas hidup masyarakat" sebutnya.

Melalui program kemitraan, Angkasa Pura Airports berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan UMKM. Terpenting dengan bantuan dana segar ini para pengusaha UMKM dapat terus mengembangkan usahanya dan mereka mampu menjadi pengusaha tangguh dan mandiri yang pada akhirnya mampu menciptakan efek berantai pada perekonomian lokal, termasuk penyerapan tenaga kerja

"Disamping menyerahkan bantuan pinjaman lunak, kami juga menyerahkan beasiswa untuk 130 siswa berprestasi. Kami ingin secara langsung memberikan dukungan, manfaat dan pengaruh pada pening katan dunia pendidikan masyarakat Bali secara konsisten dan berkelanjutan," paparnya.

Di Bali sendiri, Angkasa Pura Airports juga telah membangun kompleks sekolah seluas 10.500 m2 yang difungsikan untuk Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang lokasi masih berada dalam lingkungan bandara. [DSS/Sumber: Bali Post]

Keatas