EN ID

Bandara Baru Yogyakarta Dimulai Akhir Tahun

23 Aug 2013

Kembali ke List


JAKARTA - Rencana PT Angkasa Pura I (Persero) membangun bandara baru pengganti Bandara Adisutjipto Yogyakarta mencapai perkembangan positif. Hingga saat ini, pembebasan lahan yang telah dilakukan sudah mencapai 75%.

Corporate Communication Angkasa Pura Airports Handy Heryudhitiawan mengatakan, di akhir 2013 pihaknya menargetkan bisa segera melaksanakan ground breaking pembangunan bandara ini. Angkasa Pura Airports juga sudah membentuk tim khusus pelaksana pekerjaan proyek sejak dua bulan lalu.

Rencananya, untuk tahap awal, perusahaan ini akan membangun infrastruktur utama, seperti terminal dan landasan pesawat. "Untuk pembangunan tahap awal mungkin dibutuhkan waktu selama dua tahun. Sedangkan untuk menyelesaikan seluruh proyek tersebut, juga dibutuhkan waktu selama lima tahun," jelas Handy di Jakarta, Rabu (21/8).

Angkasa Pura Airports sendiri sudah menghitung besaran investasi sementara untuk membangun bandara baru ini, yakni mencapai Rp 6 triliun. Sedangkan untuk kebutuhan tahap awal Rp 1,2 triliun.Untuk memenuhi kebutuhan ini, Angkasa Pura Airports sudah memperoleh pinjaman dari Bank Mandiri sebesar Rp 4,4 triliun. "Dana tersebut akan digunakan untuk biaya seluruh ekspansi perusahaan, salah satunya membiayai Bandara Baru Yogyakarta," tambah Handy.

Bandara baru yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta ini akan berdiri di atas lahan seluas 637 hektare, menggunakan konsep bandara internasional dengan dual linear terminals (terminal ganda). Sedangkan panjang landasan mencapai 3.250 meter dengan lebar 45 meter. Bandara tersebut dapat menampung 28 pesawat dengan kapasitas penumpang 10 juta orang per tahun. Kapasitas penumpang dapat dikembangkan menjadi 20 juta per tahun. [Arif Haryanto]

Keatas