EN ID

Bandara Adisutjipto Siagakan 54 Personel Gabungan

16 Jul 2013

Kembali ke List


YOGYAKARTA - PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyatakan kesiapannya membuka Posko Lebaran pada 1 hingga 16 Agustus 2013 mendatang. Posko Lebaran tersebut akan menyiagakan 54 personel gabungan dari Angkasa Pura Airports sebanyak 30 orang, TNI-AU sebanyak 14 personel, Kantor Kesehatan Pelabuhan 4 orang, dan Lembaga Pendidikan Pramugari sebanyak 6 orang.
General Affair and Communication Bandara Internasional Adisutjipto Faizal Indra Kusuma mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membuka posko Lebaran yang ditempatkan di gedung lama Kantor Angkasa Pura Airports Cabang Bandara Internasional Adisutjipto. Posko lebaran tersebut terdiri dari posko kesehatan, pengamanan, data, dan statistik dengan mengerahkan petugas dari berbagai elemen baik dari bandara, aparat keamanan, dan lainnya, serta menyiagakan satu unit mobil ambulans. "Posko lebaran ini rutin dibuka setiap tahunnya untuk membantu penumpang yang datang maupun berangkat melalui Bandara Adisutjipto," ujar Faizal, Senin (15/7)
Faizal menjelaskan posko ini akan buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.30 WIB atau dari awal penerbangan hingga akhir jam terbang pesawat terakhir. Hingga saat ini, Bandara Adisutjipto mempunyai 65 penerbangan, yaitu 60 penerbangan domestik dan 5 penerbangan internasional, dengan 12 maskapai komersial yang beroperasi. 
Mengenai jumlah penumpang selama awal puasa ini, dikatakannya sedikit mengalami kenaikan karena masih bersamaan dengan libur sekolah. Sedangkan pada saat menjelang lebaran, jumlah penumpang pesawat meningkat signifikan. Jumlah penumpang sekitar 8.000 penumpang pada hari normal, sedangkan saat mudik setiap harinya bisa mencapai 10.000 hingga 11.000 orang penumpang, baik untuk terminal kedatangan maupun keberangkatan domestik maupun internasional.
"Untuk penumpang yang datang maupun pergi masih di dominasi penumpang domestik, yang kebanyakan berasal dari Jakarta, Bali, dan Balikpapan," imbuhnya.
Sedangkan untuk penambahan jam terbang, Faizal mengungkapkan hingga saat ini baru dua maskapai, yaitu Garuda Air clan Citilink yang telah mengajukan extra flight. "Maskapai lain belum menyampaikan surat keterangan pengajuan extra flight," katanya
Dengan adanya posko lebaran ini, diharapkan dapat membantu penumpang informasi tentang penerbangan selama H-7 hingga H+7 lebaran. Hal ini juga merupakan wujud komitmen Angkasa Pura Airports dalam memberikan pelayanan jasa dan informasi semaksimal mungkin kepada penumpang yang akan melakukan mudik lebaran. [Arif Haryanto/ Sumber : Kedaulatan Rakyat]

Keatas