EN ID

Angkasa Pura Airports Siapkan Amdal

09 Apr 2014

Kembali ke List


JOGJA - Kelanjutan pembangunan megaproyek bandara internasional di Temon, Kulonprogo tinggal menunggu kesepakatan (MoU) antara PT Jogja Magasa Iron dengan Direktorat Jendral Perhubungan Udara. Sementara Angkasa Pura Airports segera menyiapkan dokumen analisis dampak lingkungan (amdal). "Tanpa menunggu MoU, Angkasa Pura tetap berjalan membuat surat amdal, karena IPL (Izin Penggunaan Lahan) baru keluar setelah amdal memenuhi syarat," ujar Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X usai menerima surat undangan pemilih Pemilu 2014 di kediamannya Kraton Kilen, Senin (7/4).

Gubernur, mengaku telah bertemu dengan President Director Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo di Jakarta 4 April lalu. Pertemuan itu dijadwalkan setelah pertemuan dengan PT JMI membuahkan hasil adanya perhitungan ulang bahwa lokasi bandara tidak perlu sampai mundur ke barat menerabas Sungai Bogowonto untuk memenuhi landasan pacu 3.600 meter. "Jadi prinsip sudah tidak masalah, cuma bagi saya perlu dilakukan MoU, dimana yang berwenang itu adalah Direktorat Navigasi, Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kemenhub," ujarnya.

Sehingga, dalam hal ini, menurut Sultan, bukan Angkasa Pura Airports dengan PT JMI yang saling menandatangani kesepakatan, namun PT JMI dengan Direktorat Navigasi. Draft MoU itu sudah diserahkan oleh PT JMI bukan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo seperti yang ia minta sebelumnya untuk membuat materi MoU. Ia mengharapkan, segera ada kesepakatan antara PT JMI dengan Direktorat Navigasi. [Diani Sekaring Sejati/Sumber: Harian Jogja]

Keatas