EN ID

Angkasa Pura Airports Kejar Implementasi PSC On Ticket

25 Nov 2014

Kembali ke List


Jakarta - Rapat lanjutan pelaksanaan Passenger Service Charge (PSC) on ticket antara Angkasa Pura Airports, Angkasa Pura 2 dan maskapai penerbangan dilaksanakan pada hari Senin (24/11). Rapat yang dihadiri sekitar 30 peserta melibatkan berbagai pihak maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air Group, Travira, Sriwijaya, Aviastar dan Trigana. Rapat dibuka pada pukul 10.20 Wib oleh Finance and IT Director Angkasa Pura Airports Gunawan Agus Subrata berlangsung selama sekitar dua jam.

Sebagai tuan rumah, dalam kegiatan tersebut Angkasa Pura Airports menyampaikan konsep implementasi PSC on ticket dengan menerapkan mesin flag barriers. Alat tersebut berfungsi sebagai identifikasi dan penghitung jumlah penumpang pesawat yang sudah melakukan verifikasi kehadiran dengan sistem scanning. Alat tersebut sekaligus juga memberikan informasi kepada pihak bandara dan maskapai penerbangan mengenai status penumpang, apakah orang tersebut berada di ruang tunggu keberangkatan atau belum.

"Keinginan bersama untuk melaksanakan penerapan PSC on ticket adalah mewujudkan kenyamanan penumpang." ujar Gunawan Agus Subrata. "Implementasi yang sudah dilakukan oleh Garuda Indonesia dan Citilink merupakan bukti bahwa hal tersebut sesungguhnya dapat dilakukan oleh industri penerbangan tanah air." tambahnya lagi dalam pembukaan rapat bersama yang juga dihadiri oleh hampir semua maskapai penerbangan.

PSC on ticket diawali Perjanjian Kerja Sama dengan Garuda Indonesia tentang Peningkatan Pelayanan, Fasilitas dan Penataan Terminal di Bandar Udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I Nomor: SP.66/HK.09.01/2012/DU-B dan Nomor: DS/PERJ/DZ-3311/2012 pada 21 Juni 2012, dengan lingkup perjanjian yang disepakati di antaranya adalah pembayaran Passenger Service Charge (PSC) yang merupakan bagian dari komponen tiket penerbangan Garuda.

Sejak diinstruksikan oleh Menteri Perhubungan untuk penggabungan PSC on ticket, kerap dilakukan pembahasan teknis yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Angkasa Pura dan maskapai penerbangan. Pertemuan lanjutan akan dilakukan oleh Angkasa Pura 2 sebagai tuan rumah. Saat ini, hanya Citilink yang masih menerapkan implementasi PSC on ticket. [Handy Heryudhitiawan]

Keatas