EN ID

Angkasa Pura Airports Bersinergi dengan 5 BUMN Bangun Balkondes Golaga

02 Oct 2019

Kembali ke List


PURBALINGGA - Angkasa Pura Airports bersama PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Indonesia Holding Company bersinergi bersama meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) dengan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Program Pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga), Jawa Tengah, Rabu (2/10) sore.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Balkondes ini dilakukan oleh Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi bersama Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto dan Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto.

“Saya menyambut baik sinergi ini, ada enam BUMN yang bersinergi untuk bangun Balkondes. Harapannya Balkondes bisa selesai dibangun pada Mei 2020 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Purbalingga agar wisatawan dapat datang ke sini. Pesan saya kepada masyarakat, mari kita sama-sama menjaga Balkondes ini," ungkap Menteri Rini M. Soemarno

Balkondes sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri yang bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay, memperpanjang length of stay wisatawan dengan adanya pertunjukkan budaya baru pada tiap desa, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa serta menciptakan lapangan kerja bagi penduduk desa.

"Golaga saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga. Pembangunan Balkondes ini merupakan salah satu komitmen Angkasa Pura Airports untuk memperkuat sarana penunjang pariwisata berupa penginapan (homestay) yang mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional di Golaga. Kehadiran homestay ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Golaga sehingga membantu mempercepat roda perekonomian Golaga," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Untuk memberikan keunikan pada design dan memanfaatkan lokasi yang tersedia, konsep arsitektur homestay menggunakan bentuk tree house yang mencitrakan identitas dari Purbalingga. Design homestay diambil dari analogi bentuk buah nanas yang merupakan komoditas utama Kabupaten Purbalingga dengan makanan khasnya yang terkenal yakni nanas bakar.

Balkondes Golaga ini nantinya akan memiliki sebanyak 6 unit nanas homestay, 1 unit family homestay dan public building seperti cafe & workshop, skybridge, pedestrian access, amphitheater dan area parkir untuk meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Golaga.

"Besar harapan kami hadirnya Balkondes ini juga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat untuk sama-sama memajukan destinasi wisata Golaga dan menjadi tempat untuk mengekspose produk-produk unggulan khusunya dari Kabupaten Purbalingga," tambah Faik Fahmi.

"Kabupaten Purbalingga saat ini merupakan yang tertinggi ketiga di Jawa Tengah terkait kunjungan wisawatan. Kami sangat optimis dengan hadirnya Balkondes Golaga dari BUMN ini akan mampu menaikkan peringkat Kabupaten Purbalingga menjadi peringkat dua bahkan menjadi nomor satu untuk kunjungan wisatawan tertinggi di Provinsi Jawa Tengah," jelas Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. [AD]

 

Keatas