EN ID

Angkasa Pura Airports Akan Menerapkan PSC on Ticket

09 Jan 2015

Kembali ke List


JAKARTA - Angkasa Pura Airports sebagai pengelola bandara-bandara di Indonesia Timur akan menerapkan Passenger Service Charge (PSC) on ticket untuk pembelian per 1 Februari 2015 dan penggunaan 1 Maret 2015. Ketentuan ini merupakan tindaklanjut Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 447 Tahun 2014 tentang Pembayaran PSC Disatukan Dengan Tiket Penumpang Pesawat Udara. Terkait hal tersebut maka Angkasa Pura Airports telah mempersiapkan implementasinya bersama maskapai penerbangan sejak Desember 2014 lalu.

"Penerapan PSC on ticket merupakan upaya pengelola bandara dan maskapai penerbangan untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna pesawat udara. Angkasa Pura Airports sebagai pengelola 14 bandara Indonesia Timur dan telah berpengalaman selama 51 tahun siap melaksanakannya" ujar Gunawan Agus Subrata dalam rapat lanjutan pertemuan antara Angkasa Pura Airports dan maskapai penerbangan internasional non IATA di Kantor Pusat Jakarta pada hari Jumat (9/1). Hadir saat itu perwakilan dari Indonesia Air Asia, Flynas, Tiger Airways, Lion Group, Malindo Air dan Jetstar dan Value Jet.

Sebagai pengelola 13 bandara seperti I Gusti Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar dan Sultan Aji M. Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Angkasa Pura Airports melayani sekitar 73,5 juta penumpang selama tahun 2014 lalu. Khusus penumpang berangkat yang melalui bandara-bandara tersebut sekitar 36,5 juta orang. Dibandingkan tahun 2013 lalu, total penumpang yang melalui bandara Angkasa Pura Airports mengalami kenaikan sekitar 2,3%.

Dalam penerapan PSC kepada penumpang pesawat berbeda pada tiap-tiap bandara. Hal tersebut tergantung kepada fasilitas dan kelengkapan layanan yang tersedia. Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, PSC domestik dikenakan sebesar Rp 75.000,- dan internasional sebesar Rp 200.000,-. Untuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, PSC domestik dikenakan Rp 50.000,- per penumpang dan PSC internasional sebesar Rp 150.000,-. Untuk kelengkapan data dan informasi PSC dapat dilihat pada website Angkasa Pura Airports www.angkasapura1.co.id. [Handy Heryudhitiawan]

Keatas