EN ID

Bandara Juanda Siapkan Thermal Scanner untuk Deteksi Suhu Badan Penumpang

10 Nov 2014

Kembali ke List


SURABAYA - Bandara Internasional Juanda menyiapkan Thermal Scanner untuk mendeteksi suhu badan penumpang yang baru pulang dari luar negeri. Langkah ini dilakukan untuk mendeteksi penumpang yang terjangkit virus ebola. "Kita sudah siapkan alat pendeteksi temperatur suhu tubuh. Jika dalam pemeriksaan ditemukan suhu penumpang yang lebih dari suhu tubuh normal atau lebih tinggi dari 28 derajat celcius, maka petugas kesehatan pelabuhan akan memisahkan dan melakukan observasi," jelas General Manager Angkasa Pura Airports cabang Juanda, Trikora Hardjo, pada detikcom, Senin (3/11/2014).

Thermal Scanner yang dipasang di Terminal 1 dan 2 Juanda terdiri dari sebuah perangkat alat CCTV, boks atau kotak pendeteksi suhu badan, serta sebuah alarm dan monitor. Ia menambahkan, keberadaan alat milik kesehatan pelabuhan tersebut hanya sebagai deteksi awal. "Jika suhunya tinggi akan diobservasi untuk menentukan apa karena kecapean atau virus lain dan tentunya akan dikarantina," imbuhnya.

Selain di terminal 2 kedatangan internasional, termo scanner juga disiapkan di terminal kedatangan internasional Terminal 1 Bandara Juanda. "Kalau yang di Terminal 1 seperti scanner gate sehingga bisa langsung terdeteksi suhu tubuhnya tapi fungsinya sama dengan disini (Terminal 2) dan alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada penumpang pesawat yang tiba di Juanda terjangkit virus ebola," ujar Trikora. [Pardika Dewi RS/Sumber:Detik.com]

Keatas