EN ID

Angkasa Pura Airports Gelar Jambore Pramuka di Semarang

01 Jul 2013

Back to List


SEMARANG - PT Angkasa Pura I (Persero) kembali menggelar kegiatan Jambore Pramuka Angkasa Pura Airports Ke-8, bertempat di Bumi Perkemahan Candrabirawa, Karanggeneng, Gunung Pati, Semarang. Kali ini, kegiatan yang dilaksanakan 29 Juni hingga 3 Juli 2013 ini mengambil tema "Menempa Diri Menjadi Pramuka Sejati".

Jambore tahun 2013 ini diikuti lebih kurang 698 orang peserta yang terbagi dalam 22 kontingen pramuka, terdiri dari 15 kontingen pramuka Angkasa Pura Airports Kantor Pusat dan Kantor Cabang serta kontingen pramuka tamu dari Angkasa Pura II Kantor Pusat, Angkasa Pura II Kantor Cabang, PTPN IX, Angkasa Pura Logistics, Angkasa Pura Supports, SMPN 24 Semarang, dan SMP Nasima Semarangyang masing-masing mengirimkan satu kontingen.

"Kegiatan Jambore Pramuka ini sejalan dengan tekad Angkasa Pura Airports untuk berkontribusi terhadap lingkungan dengan menjadikan generasi muda Indonesia melalui gerakan Pramuka menjadi pribadi yang berkarakter, berwatak, dan berkepribadian yang mandiri sebagai pilar penting bagi kemajuan bangsa," ujar President Director Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo dalam sambutan pembukaannya yang dibacakan oleh Operation Director Yushan Sayuti.

"Manajemen Angkasa Pura Airports melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan bertekad  untuk terus memfasilitasi penyelenggaraan Jambore Pramuka ini. Semoga melalui momentum persahabatan, persaudaraan, dan niat baik yang terbangun di bumi perkemahan ini serta dukungan semua pihak, termasuk para pimpinan BUMN yang hadir di sini, harapan akan terselenggaranya Jambore Pramuka BUMN dapat segera terwujud."

Kegiatan jambore kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan drum band Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, tarian kolosal dari Dinas Pariwisata Kota Semarang, Aubade SMPN 24 dan SMP Nasima, dengan iringan oleh Korps Musik Kodam IV Diponegoro.

Rangkaian kegiatan jambore terdiri dari acara pentas seni, bakti sosial, pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran, pelatihan pemasangan instalasi listrik dan air rumah tangga, pelatihan seni kriya (membatik, melukis, dan merangkai bunga kertas), outbond, penjelajahan, festival jajanan nusantara, serta ceramah peningkatan kualitas jiwa Pramuka berdasar Tri Satya dan Dasa Darma. Selain itu para peserta juga akan melakukan studi wisata ke Akademi Kepolisian, pabrik keramik Sango, dan Kantor Redaksi Harian Suara Merdeka. [Arif Haryanto]

Up