EN ID

Wujudkan Bandar Udara Ramah Lingkungan, Angkasa Pura Airports Terapkan Standarisasi Green Airport

05 Jun 2022

Kembali ke List


JAKARTA - Angkasa Pura Airports menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelestarian lingkungan hidup dengan telah mempersiapkan 15 bandara kelolaannya yang ramah lingkungan dan upaya untuk memperoleh sertifikasi “green airport” serta menerapkan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan hidup pada proses bisnisnya agar terwujud proses bisnis yang berkelanjutan. 

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama kurang lebih 2 tahun ini telah memberikan dampak drastis pada dunia aviasi dan bisnis penerbangan, sehingga rencana jangka panjang Angkasa Pura Airports  telah beralih kepada strategi untuk bertahan dan rebound strategy tanpa menghilangkan keberlanjutan.

“Kegiatan pengembangan dan pengelolaan bandara yang telah dilaksanakan oleh Angkasa Pura Airports  harus membawa manfaat sosial dan manfaat lingkungan hidup bagi masyarakat sekitar bandara. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dampak lingkungan hidup dalam jangka panjang, kami berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip eco-airport dan prinsip perusahaan berkelanjutan pada operasional dan pengembangan bandara milik Angkasa Pura I” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Angkasa Pura Airports  telah mengenalkan konsep bandara ramah lingkungan (eco-airport) melalui pengembangan terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang diikuti pengimplementasian secara penuh standar ISO 14001 terkait lingkungan oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Disusul dengan Bandara Internasional Yogyakarta yang merupakan bandara greenfield baru di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2019 silam dengan filosofi arsitektur yang keberlanjutan dan ramah lingkungan serta infrastruktur yang dirancang untuk menahan gempa dan likuifaksi.

Selain itu, Angkasa Pura Airports  juga telah memasukkan strategi lingkungan hidup ke dalam program-program Corporate Social Responsibility (CSR) seperti kegiatan penanaman pohon, penanaman terumbu karang, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mendorong keberlanjutan bandara di Indonesia melalui program inovasi, partisipasi, dan menjangkau masyarakat sekitar.

Sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini, implementasi eco-airport dan sistem pengelolaan lingkungan yang efektif telah dilaksanakan, yaitu antara lain:

  1. Implementasi sistem manajemen lingkungan dengan pendekatan ISO 14001 di bandara-bandara kelolaan Angkasa Pura Airports.
  2. Penggunaan Online Monitoring Reporting System pada aspek lingkungan sesuai dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) masing-masing bandara.
  3. Implementasi lanjutan untuk Habitat Management atau Biodiversity Study sebagai program pengendalian satwa liar di seluruh Bandara.
  4. Program pengelolaan limbah termasuk pengolahan air limbah, pengolahan limbah padat dengan pengelolaan sampah terpadu (Waste Management) di Bandara SAMS Sepinggan dan Jend Ahmad Yani  dan pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).
  5. Sosialisasi program green airport kepada tenant dan penumpang pesawat (misalnya mengurangi sedotan plastic untuk F&B, menggunakan lampu low watt, mengurangi konsumsi serta penggunaan plastik, dan lainnya).
  6. Konservasi energi melalui rencana pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) sistem panel surya, pembangkit listrik tenaga surya, serta hal lainnya yang terkait dengan energi terbarukan, melakukan pengurangan konsumsi listrik dengan menggunakan sensor building automatic systems, pendingin magnetik, dan lain-lain.
  7. Pengembangan rapid exit taxiway di bandara-bandara potensial.
  8. Sertifikasi Green Building oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) pada Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG).
  9. Monitoring dan database ACERT (ACI's Airport Carbon and Emissions Reporting Tool) setiap tahun di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I untuk memudahkan dalam mereview pengelolaan energi.
  10. Sertifikasi dan Penerapan Sistem Manajemen Energi ISO 50001:2018 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
  11. Melaporkan hasil Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Bandar Udara kepada Kementerian Pusat, Pemerintah Daerah, dan instansi terkait lainnya.

Pada kampanye global Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 yang mengusung tema #OnlyOneEarth Angkasa Pura Airports mengajak seluruh pegawainya untuk turut serta dalam kegiatan Webinar yang akan dilaksanakan  pada tanggal 22 Juni 2022 mendatang dengan tema “Pengelolaan Bandar Udara Ramah Lingkungan (Eco-Airport)”. “Dengan dilaksanakannya Webinar ini saya berharap dapat memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di bandar udara dan sebagai komitmen kami untuk menjalankan langkah-langkah yang tepat dalam hal meminimalisir dampak yang mungkin ditimbulkan dari aktivitas yang terjadi di bandar udara” ujar Faik Fahmi.  

Keatas