26 Feb 2018
Kembali ke ListJAKARTA, 26 Februari 2018 - Angkasa Pura Airports menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan empat mitra operasional bandara untuk meningkatkan level of service yang mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada Senin (26/2) di Jakarta. Ke-empat mitra tersebut yaitu Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia, Badan SAR Nasional (BASARNAS), PT Gapura Angkasa, dan PT Jasa Angkasa Semesta Tbk.
Adapun penandatanganan nota kesepahamanan (MoU) dan nota kesepakatan teknis antara Angkasa Pura Airports dengan AirNav Indonesia terkait koordinasi teknis operasional pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan navigasi penerbangan. Sedangkan penandatanganan MoU antara Angkasa Pura Airports dengan BASARNAS terkait penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan di bandar udara. Kemudian, penandatanganan MoU dan nota kesepakatan teknis antara Angkasa Pura Airports dengan PT Gapura Angkasa dan PT Jasa Angkasa Semesta terkait hal koordinasi teknis pelayanan pesawat udara di bandar udara.
“Peningkatan pertumbuhan trafik pesawat, penumpang, dan kargo di bandar udara tiap tahunnya menuntut pengelola bandar udara untuk juga meningkatkan level of service bagi para pengguna jasa bandar udara, baik pihak maskapai maupun penumpang pesawat udara. Peningkatan trafik ini juga diiringi dengan meningkatnya peluang terjadinya kondisi darurat, ancaman, dan gangguan terhadap operasional bandara. Untuk meningkatkan level of service dan mengantisipasi terjadinya kondisi darurat di bandar udara, maka perlu ditingkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan di bandar udara melalui penandatanganan MoU dan nota kesepakatan teknis ini,“ kata Direktur Utama PAngkasa Pura Airports Faik Fahmi.
Sebagai informasi, terkait peningkatan trafik, pada 2017 Angkasa Pura Airports telah melayani 791.387 pergerakan pesawat, atau meningkat 3,5% dibandingkan jumlah pergerakan pesawat pada tahun 2016. Sementara itu, pergerakan penumpang pada tahun 2017 di 13 bandara PT Angkasa Pura I (Persero) mencapai 89,7 juta penumpang, atau meningkat 5,9% dibandingkan tahun 2016. Begitu pula untuk pergerakan kargo yang mencapai 403,77 ribu ton pada tahun 2017, atau meningkat 11,4%.
Adapun ruang lingkup kerja sama antara Angkasa Pura Airports dengan BASARNAS terkait penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan di bandar udara yaitu pertukaran data dan informasi; penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan; pemanfaatan dan peningkatan kemampuan di bidang sumber daya manusia; pemanfaatan sarana dan prasarana; serta latihan operasi pencarian dan pertolongan.
Sedangkan kesepakatan teknis antara Angkasa Pura Airports dengan AirNav Indonesia menyangkut prosedur koordinasi empat belas hal, yaitu:
Sementara itu, kesepakatan teknis antara Angkasa Pura Airports dengan PT Gapura Angkasa dan PT Jasa Angkasa Semesta terkait hal koordinasi teknis pelayanan pesawat udara di bandar udara, mencakup hal-hal:
Keatas