EN ID

Site Visit Media ke T2 Bandara Internasional Juanda Surabaya

25 Oct 2013

Kembali ke List


SURABAYA - Untuk memberikan  pemahaman lebih dalam mengenai proyek pengembangan bandara yang tengah berjalan, PT Angkasa Pura I (Persero) mengundang para wartawan untuk berkunjung (site visit) ke Proyek Pengembangan Terminal 2 (T2) Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Selasa (29/10). Sebanyak 25 awak media baik media nasional maupun lokal turut serta dalam kegiatan tersebut. Mereka diberikan kesempatan untuk menggali informasi terkait perkembangan proyek yang hampir rampung tersebut.

"Ini adalah upaya kami memberikan keterbukaan informasi kepada rekasn-rekan media. Melalui site visit ini mereka dapat langsung melihat kondisi riil pembangunan dan perkembangan proyek ini," jelas Corporate Communication Department Head Angkasa Pura Airports Handy Heryudhitiawan.

Dengan kapasitas terminal 6,5 juta penumpang/tahun, Bandara Internasional Juanda Surabaya eksisting telah mengalami over capacity dengan melayani 11,5 juta penumpang per tahun. Tahun 2013, jumlah ini diprediksi akan meningkat menjadi 13,1 juta penumpang per tahun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak Angkasa Pura Airports ebagai pengelola bandara melakukan pemanfaatan kembali terminal lama Bandara Juanda melalui Proyek Pengembangan Bandara Internasional Juanda (PPBIJ). Nantinya, T2 Juanda ini akan digunakan sebagai terminal domestik khusus Garuda Indonesia, Air Asia, dan Tiger Airlines serta terminal internasional.

T2 Juanda ini memiliki kapasitas 6 juta penumpang/tahun dan diharapkan dapat mengurai kepadatan yang terjadi di terminal eksisting saat ini. Proses pembangunan T2 ini mulai memasuki fase akhir. Hingga 20 Oktober 2013, proyek pembangunan Tahap I berupa bangunan terminal sudah mencapai lebih dari 95 persen. "Per hari ini tentu progress-nya sudah lebih dari itu. Kami juga siap untuk tahap verifikasi dari Angkasa Pura Airporst dan Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada 31 Oktober hingga 4 November 2013 mendatang," terang Alip Nugroho, Pelaksana Harian Kepala Humas Proyek T2 Juanda di sela-sela site visit tersebut.

Rencananya, kegiatan site visit media seperti ini juga akan dilaksanakan di Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan. [Yuristo Ardhi/Arif Haryanto]

Keatas