EN ID

Seribu Pelari Ramaikan Lomba Lari di Area Bandara Adi Soemarmo

21 Dec 2015

Kembali ke List


BOYOLALI - Sekitar seribu pelari turut serta memeriahkan lomba lari bertajuk "Airport Running Series 2015-2016: Lari Sensasional!" yang berlangsung di area Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (20/12) pagi ini. 

Lomba lari di area bandara yang baru pertama kalinya digelar di Indonesia ini dibuka oleh President Director PT Angkasa Pura I (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito yang didampingi antara lain oleh Komandan Angkatan Udara Adi Sumarmo Agus Priyanto, Komandan Korem 074/Warastratama Arh Toto Nugroho, serta Komandan Group 2 Kopassus Kandang Menjangan Kol. Inf. Rafael Granada.

Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB ini selain diikuti pelari dalam negeri dan masyarakat lokal juga diikuti pelari dari mancanegara, seperti Kenya, Perancis, Amerika Serikat, Malaysia, hingga Timor Leste.

"Acara ini bertujuan untuk memeriahkan perayaan hari ulang tahun ke-52 Angkasa Pura Airports Februari 2016 mendatang sekaligus untuk mencari bibit-bibit baru atlet di cabang olahraga lari. Selain itu juga untuk meningkatkan pengembangan pariwisata di wilayah Indonesia bagian timur," ujar Wimbo, sapaan akrab Sulistyo Wimbo Hardjito.

Lomba lari ini melombakan tiga kategori, yaitu lari 2,5 kilometer untuk segmen keluarga, lari 5 kilometer untuk segmen masyarakat umum, dan lari 10 kilometer untuk segmen masyarakat umum dan atlet profesional. "Sehingga semua kalangan dapat mengikuti lomba lari ini," imbuh Wimbo. 

Hadiah untuk Juara I yaitu uang tunai Rp20 juta untuk kategori 10 kilometer serta uang tunai Rp10 juta (kategori 5 kilometer). Untuk kategori 2,5 kilometer disediakan hadiah uang tunai Rp3,5 juta bagi pelari dengan kostum paling unik. 

Hasilnya, di kategori 10 kilometer putra pelari asal Kenya, John Lorono Lorira, tampil sebagai yang tercepat. Di posisi kedua dan ketiga juga dikuasai pelari Kenya, yaitu Paul Kemani dan Samson. Pada kategori 10 kilometer putri,  juaranya adalah Valentine Jepkemoi dari Kenya, diikuti Erni Ulatningsih (Semarang) dan Caroline Jepkosgei (Kenya).

Pada kategori 5 kilometer putra, tampil sebagai pemenang adalah Abdul Haris (Bima), disusul oleh Khamid Soiman (Wonosobo), dan Tribius Dominggus (Kupang). Pada kelompok 5 kilometer putri, Anjasari Dewi dari Sukabumi menembus finish pertama. Dia berada di depan  Raquel Pireire (Timor Leste)  dan gadis berusia 12 tahun asal Salatiga, Rieke Febrianti.

Untuk kategori 2,5 kilometer, pemenang kostum paling unik (unique dress) adalah Sri Darwati,  yang berlari memakai baju kebaya khas Jawa Tengah. Untuk kostum bernuansa bandara (airport dress)  dimenangkan oleh Darius Regan (7 tahun), yang berlari dengan kostum pilot lengkap dengan pesawatnya.

Selain lomba lari, masyarakat yang tidak berlomba mengikuti senam zumba dan aerobik bersama. Disajikan pula hiburan yang menampilkan artis-artis lokal Surakarta. Aneka permainan seru dan berhadiah serta bazar "Airport Taste Festival" dari Hello Market Solo dan Komunitas Organik Solo juga memeriahkan acara ini.

"Bagi para pelari yang belum beruntung pada ajang Airport Running Series di Bandara Adi Soemarmo hari ini, tak perlu kecewa. Karena acara seperti ini juga akan kami adakan di  Bandara Selapang Mataram pada 24 Januari 2016, Bandara El Tari Kupang 13 Februari 2016, dan di Manado 19 Maret 2016 mendatang," ujar Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha. [Zarra Isyana]

Keatas