EN ID

SEBELUM 2013, PERLUASAN BANDARA NGURAH RAI RAMPUNG

01 Jun 2011

Kembali ke List


“Kita sudah menyiapkan semua keperluan terkait dan pelaksanaan proyek akan segera dimulai tahun ini,” kata Deputi Bidang Ekonomi Wapres, Tirta Hidayat.

Tirta menyebutkan pengembangan Bandara Ngurah Rai meliputi peningkatan kapasitas terminal bandara, pembangunan jalan akses serta perangkat lain seperti bagasi handling dan bangunan apron. Pengembangan bandara dengan dana mencapai Rp 1,94 triliun itu akan meningkatkan kapasitas terminal Bandara Ngurah Rai menjadi 24,5 juta penumpang setahun.

“Dengan kondisi sekarang, kapasitas terminal Bandara Ngurah Rai hanya delapan juta setahun. Pada 2010, penumpang di bandara itu sudah melewati daya tampungnya, yakni mencapai 11 juta orang,” katanya.

Tirta mengatakan kondisi sejumlah bandara besar di Indonesia hampir sama di mana jumlah penumpangnya sudah melampaui kapasitas. Bandara Soekarno-Hatta, sebut Tirta, kapasitasnya hanya 23 juta penumpang setahun, namun penumpangnya pada 2010 sudah mencapai 44 juta. Bandara Juanda Surabaya memiliki kapasitas 6,5 juta setahun, namun penumpangnya pada 2010 mencapai 12 juta.

 

Keatas