EN ID

Program Transformasi Angkasa Pura Airports Raih Predikat Excellent

13 Feb 2015

Kembali ke List


JAKARTA - Setelah sebelumnya Bandara Internasional Juanda sukses memperoleh penghargaan Excellent Service Exprerience Award (ESEAward) yang diselenggarakan oleh Service Excellence & Care Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre CCSL), prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Angkasa Pura Airports. Kali ini untuk bidang yang berbeda, Program Transformasi yang dilaksanakan Angkasa Pura Airports mendapat apresiasi dalam kompetisi Indonesia Best Practice Transformation 2014. Malam penganugerahaan Indonesia Best Practice Transformation 2014 dilaksanakan di Hotel Shangrilla, Jakarta pada Kamis (12/2).

Indonesia Best Practice Transformation 2014 adalah kompetisi bagi perusahaan yang telah melakukan upaya change management berupa transformasi bisnis selama minimum 2 (dua) tahun. Kompetisi ini digagas oleh Majalah SWA bekerjasama dengan Win Solution. Dengan skor akhir 80,25 Angkasa Pura Airports berhasil finish dengan predikat “Excellent”. Technical Director Angkasa Pura Airports, Polana B. Pramesti hadir menerima penghargaan tersebut.

Program Transformasi Angkasa Pura Airports yang bertajuk “Reposisi dan Restrukturisasi Bisnis” dimulai sejak Tahun 2010. Program ini mengusung semangat perubahan dengan fokus pada tiga hal utama, yakni perbaikan kualitas pelayanan, peningkatan pendapatan non-aeronautika, dan kontribusi kepada lingkungan. Sejalan dengan itu, dilakukan pula perubahan mindset paradigma bisnis kebandarudaraan, dari infrastructure provider menjadi service company.

Hasilnya, setelah hampir lima tahun transformasi berjalan, Perseroan berhasil memperbaiki skor Customer Satisfaction Index (CSI). Hal ini nampak dari hasil assesmen CSI oleh Airport Council International (ACI) untuk 4 (empat) bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura Airports. Secara rata-rata tingkat kepuasan 4 (empat) bandara tersebut di atas 4 dari 5 skala Likert, bahkan Terminal 2 Juanda – Surabaya meraih skor 4.73, tertinggi di antara yang lain. Hal ini tentu saja jauh berbeda dengan capaian CSI dengan skor 3,57 di Tahun 2010.

"Program Transformasi yang dicanangkan manajemen sejak 2010 berjalan bukan tanpa hambatan, namun hasil yang diharapkan mulai terlihat," jelas President Director Angkasa Pura Airports, Tommy Soetomo. Hingga kuartal III Tahun 2014 lalu, pendapatan sektor non-aeronautika (non-aero) meningkat enam kali lipat dibanding Tahun 2009, sebelum program Transformasi dicanangkan. Hal itu tercermin pada realisasi pendapatan non-aero Angkasa Pura Airports pada kuartal III Tahun 2014 sebesar Rp 690 Miliar dibanding periode yang sama 2009 sebesar Rp 119 Miliar. Hingga kuartal tersebut sektor pendapatan non-aero menyumbangkan 41% dari total pendapatan Perseroan, presentase yang sebelumnya ada di angka 39% di Tahun 2013. "Jika menilik dari capaian ini, maka apa yang menjadi cita-cita Angkasa Pura Airports agar setara dengan world class airport akan sangat mungkin terwujud karena praktisnya, operator bandara berkelas internasional memiliki proporsi pendapatan non-aero yang berada di atas atau sama dengan 50% dari total revenue," imbuh Tommy.

Hasil transformasi tidak hanya secara finansial, namun juga semakin ringkasnya proses kerja dengan pendekatan sistem informasi yang terpadu, peningkatan kesejahteraan pegawai, dan yang utama adalah bahwa para pengguna jasa mulai menikmati tingkat layanan yang semakin baik. "Sebuah kebanggaan ketika banyak pengguna jasa di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mengungkapkan rasa puas mereka, bahkan memuji bahwa terminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan terminal domestik terbaik di Indonesia dan salah satu yang terbaik di dunia," jelas Tommy.

Torehan predikat “Excellent” dalam kompetisi Indonesia Best Practice Transformation 2014 ini melengkapi prestasi Angkasa Pura Airports di awal Tahun 2015. Selain penghargaan Excellent Service Exprerience Award (ESEAward) yang diterima Bandara Juanda Surabaya, Majalah Angkasa Pura - media internal Angkasa Pura Airports - berhasil meraih penghargaan Bronze Winner dalam ajang The 4th Indonesia Inhouse Magazine Award (InMA) 2015 yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS). [YAH]


Keatas