EN ID

Pemberangkatan Haji Kloter Pertama Dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

09 Sep 2015

Kembali ke List


Banjarbaru (7/9) – Sebanyak 360 jemaah calon Haji Tahun 1436 H embarkasi Banjarmasin, Senin, 7 September 2015 memadati Asrama Haji Banjarbaru. Mereka akan mengikuti prosesi seremoni pelepasan haji yang akan dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Kanwil Kemenag, HM Tambrin. Dimulai pada pukul 08.30 WITA, acara pelepasan berjalan khidmat dan lancar. Jadwal pelaksanaan haji tahun ini sendiri akan dimulai dari tanggal 7 hingga 17 September 2015.
 
Petugas Aviation Security Bandara Syamsudin Noor telah bersiap sejak tanggal 6 September untuk menyediakan fasilitas pemeriksaan X-Ray beserta personil keamanananya untuk pemeriksaan fisik dan barang bawaan para Jemaah calon haji.

Tahun ini, embarkasi haji Banjarmasin akan memberangkatkan 4190 jamaah yang terdiri dari 9 kloter yang berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Untuk hari pertama, Jemaah yang diberangkatkan sebanyak 360 orang (160 orang pria dan 200 orang wanita) dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8101, PK-GPG tipe Airbus A330-300 dengan berat bagasi sebanyak 6603 kg.

Setelah prosesi pelepasan jamaah selesai, mereka kemudian diberangkatkan dengan menggunakan bus sesuai kloter masing-masing pada pukul 10.50 wita menuju sisi udara Bandara Syamsudin Noor.

Sebagai penyedia fasilitas, Bandara Syamsudin Noor telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan haji diantaranya menyediakan fasilitas pemeriksaan X-ray di asrama haji beserta personil Aviation Security, sweeping operasional di sisi udara untuk pengendalian dan peningkatan keselamatan penerbangan, dan lain sebagainya.
Jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Bandara Syamsudin Noor akan melewati jalur transit dari Banjarmasin menuju padang, kemudian langsung ke Jedah dengan estimasi waktu landing pukul 18.35 waktu Jedah. Secara umum pelaksanaan ibadah haji kloter pertama berjalan aman dan tepat waktu. [Citra Mahesa Nusantara]

Keatas