EN ID

Minimalisir Penyebaran Covid-19, Angkasa Pura Airports Terapkan Layanan Customer Service Virtual di 12 Bandara

31 Mar 2020

Kembali ke List


JAKARTA - Angkasa Pura Airports menerapkan layanan customer service virtual di 12 bandaranya sejak 20 Maret. Hal ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di bandara, sekaligus memberikan layanan yang optimal melalui kenyamanan berinteraksi dengan petugas customer service di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Layanan customer service virtual yang dimaksud adalah layanan petugas customer service yang tidak berhadapan langsung secara fisik dengan pengguna jasa bandara, namun melalui perangkat layar monitor. Petugas customer service yang semula bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandara di gerai customer service, kini ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan fasilitas layanan menggunakan teknologi tele-conference.

"Layanan customer service virtual ini merupakan salah satu wujud penerapan physical distancing di bandara, selain pengaturan jarak minimal satu sampai dua meter di area publik bandara, sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Peluncuran layanan ini juga bentuk upaya perusahaan untuk membuat pengguna jasa bandara tetap merasa nyaman ketika berinteraksi dengan petugas bandara di tengah situasi pandemi seperti ini," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi. 

Interaksi antara pengguna jasa dengan petugas customer service dilakukan melalui layar monitor yang disediakan. Untuk membantu memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam menggunakan layanan ini, telah disediakan panduan penggunaan layanan pada layar monitor TV yang berada di gerai customer service. Penerapan layanan ini dilakukan selama masa tangap darurat Covid-19 berlangsung. 

Untuk jumlah titik lokasi layanan customer service virtual berbeda di masing-masing bandara, bergantung pada luasan dan kepadatan bandara tersebut. Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, terdapat 5 titik layanan customer service virtual di terminal penumpang yaitu lobi terminal keberangkatan internasional, lobi terminal kedatangan internasional, ruang tunggu terminal keberangkatan internasional, area konter check-in terminal keberangkatan domestik, dan ruang tunggu terminal keberangkatan domestik. 

"Dengan dihadirkannya layanan customer service virtual ini, kami berharap pengguna jasa bandara dapat terlayani dengan nyaman dan tanpa rasa khawatir ketika berhadapan dengan petugas customer service kami. Kami juga mengimbau kepada pengguna jasa bandara agar mengikuti imbauan dan aturan terkait pencegahan penyebaran Covid-19, seperti menjaga jarak minimal dengan orang lain di area bandara, rajin menggunakan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer demi kenyamanan dan kesehatan bersama," tambah Faik Fahmi.

Adapun 12 bandara yang diterapkan layanan customer service virtual ini yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara El Tari Kupang, Bandara Lombok Praya, dan Bandara Pattimura Ambon. [DR]

Keatas