EN ID

Kunjungan Panitia Kerja Komisi V DPR RI di Bandara Juanda Surabaya

01 Apr 2015

Kembali ke List


JAKARTA- Guna memastikan terlaksananya keselamatan dan keamanan penerbangan nasional, Panitia Kerja (Panja) Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Penerbangan Nasional Komisi V DPR RI pada hari Jumat (27/3/2015) melakukan kunjungan kerja ke Bandara Juanda Surabaya. Rombongan diterima oleh PTS General Manager Bandara Juanda Surabaya beserta jajaran dan dihadiri oleh Pimpinan Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya, Airnav, BMKG, Basarnas, Air Asia serta instansi terkait lainnya. 


Dalam sambutannya, Ir. Fary Djemi Francis, MMA selaku ketua tim mengatakan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk melihat operasional penerbangan beserta kegiatan pendukungnya serta peninjauan terhadap fasilitas pelayanan Bandara Juanda Surabaya. "Tujuan utama kedatangan kami kemari adalah untuk memastikan kesiapan dari instansi terkait di Bandara Juanda Surabaya ini dalam rangka terselenggaranya keselamatan dan keamanan penerbangan nasional", tegas Fary.

Selain itu, kedatangan tim Panja Komisi V DPR RI ke Bandara Juanda Surabaya terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501 rute Surabaya Singapura yang menewaskan seluruh kru dan penumpang dimana tim berencana untuk bertemu dengan keluarga korban. Selain mengungkapkan belasungkawa, tim Panja ingin mengetahui sejauh mana penanganan terhadap keluarga korban khususnya dalam  realisasi pencairan asuransi korban Air Asia yang akan diterima oleh keluarga.


Guna menghemat waktu, setelah sambutan acara disambung dengan sesi tanya jawab antara anggota Panja dengan instansi terkait yang hadir terutama mengenai tugas dan fungsinya dalam pelaksanaan penerbangan di Bandara Juanda Surabaya kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. Para anggota Panja terlihat antusias dalam mengamati kegiatan operasional kru darat airlines dalam mempersiapkan pesawat yang telah mendarat untuk terbang kembali.

Peninjauan dilanjutkan ke markas PKP-PK untuk mengetahui kesiapan dari anggota PKP-PK jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan pesawat terbang. Para anggota Panja mengikuti dengan seksama demo singkat yang dilakukan oleh personil PKP-PK dalam menghadapi kondisi darurat. Sesekali terlihat beberapa anggota Panja berbincang dengan jajaran pejabat Bandara Juanda Surabaya yang ikut mendampingi. Peninjauan berakhir di Gudang Kargo Domestik dan Internasional guna mengetahui proses pengiriman barang baik rute domestik maupun internasional (AM).

Keatas