EN ID

Dukung Pembangunan Bandara, Komisi I DPR Kunjungi Bandara Adi Sutjipto

16 Apr 2015

Kembali ke List


YOGYAKARTA - Demi mendukung pembangunan Bandara Kulonprogo, Komisi I DPR-RI melakukan kunjungan ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta (16/04). 

Dalam kunjungannya, komisi yang membidangi luar negeri, pertahanan dan keamanan itu memandang keberadaan bandara baru di DIY merupakan kebutuhan mendesak.

"Kami di Komisi I mendorong percepatan pembangunan bandara di Kulonprogo. Sebaiknya sebelum 2019 pembangunan bandara ini sudah rampung," ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Hanafi Rais. Dia menegaskan, dukungan itu merupakan komitmen parlemen terhadap kepentingan masyarakat DIY ke depan.

Komitmen tersebut juga telah disampaikan saat Komisi I bertemu dengan Gubernur DIY Hamengku Buwono (HB) X di Lanud Adisutjipto pada Rabu (15/4). Ikut mendampingi gubernur antara lain Danlanud Adisutjipto Marsekal Pertama Yadi Indrayadi, Kepala Kanwil BPN Provinsi DIJ Arie Yuwirin, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, dan Kepala Dishubkominfo DIJ Budi Antono.

Selain mendorong percepatan pembangunan bandara baru, Komisi I juga mendukung rencana TNI AU dan Angkasa Pura Airports yang akan mendirikan Aviation University di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pasca pemindahan bandara ke Kulonprogo.

DPR RI juga mendorong optimalisasi pemanfaatan Bandara Gading, Gunungkidul. Bandara tersebut menjadi penyangga Adisutjipto khusus untuk latihan dan kepentingan pendidikan TNI AU. Salah satunya dengan melengkapi infrastruktur Bandara Gading, terutama terkait sistem navigasi yang dikelola secara penuh oleh TNI AU.  [Dhika/Humas Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta)

Keatas