EN ID

Bantu Mitra Binaan, Bandara Ahmad Yani Kucurkan Dana 430 Juta

16 Apr 2015

Kembali ke List


SEMARANG - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)  binaan Bandara Ahmad Yani Semarang terima kucuran dana untuk mengembangkan usaha. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program kemitraan yang disalurkan Angkasa Pura Airports.

"Kami menyalurkan dana sebesar Rp 430juta kepada 13 mitra binaan sektor UMKM. Pinjaman program kemitraan ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil dan koperasi agar bisa tangguh, mandiri, dan berkembang," ungkap General Manager Bandara Ahmad Yani, Priyo Jatmiko, seusai menyerahkan bantuan program kemitraan (16/4).

Program kemitraan ini, lanjut dia, merupakan program bergulir yang akan diberikan kepada calon mitra binaan lain yang belum mendapat kesempatan. Mitra binaan yang sudah menerima pinjaman memiliki kewajiban membayar angsuran.

Selain menyalurkan dana kemitraan, perusahaan BUMN itu juga memberikan bantuan dana hibah dalam program bina lingkungan. Program itu merupakan tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di daerah lingkungan kerja bandara.

Angkasa Pura Airports menyerahkan dana hibah program bina lingkungan sebesar Rp 285 juta kepada 11 penerima bantuan. Dana tersebut salah satunya dimanfaatkan untuk pembangunan pos ronda di Bukit Asri Ngaliyan. Sejak program tersebut diluncurkan pada 1994 hingga 2015, perusahaan sudah memberikan dana hibah sebesar Rp 4,6 miliar.

Salah satu pelaku UMKM, Wemi Kusumawati mengatakan, dengan bantuan kemitraan Bandara Ahmad Yani, usahanya terus tumbuh. "Saya sudah tiga kali mendapat bantuan program kemitraan mulai Rp 25 juta hingga Rp 50 juta. Bantuan itu sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha, mulai dari omzet saya Rp 8 juta/bulan hingga kini sudah mencapai Rp 80 juta/bulan," katanya.

Selain mendapat bantuan dana, lanjut dia, pasar usahanya juga terbantu karena kerap dilibatkan dalam pameran yang diselenggarakan Bandara Ahmad Yani. [DSS/Sumber: Suara Merdeka]

Keatas