EN ID

Bandara Sepinggan Balikpapan Laksanakan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD)

29 Jan 2015

Kembali ke List


BALIKPAPAN - 6 orang meninggal dunia dan 36 orang mengalami luka berat akibat kecelakaan yang dialami oleh pesawat Angkasa Air Boeing 737-400 PK-BPN dengan flight number BPN 080 yang berangkat dari Jakarta menuju Balikpapan pada pukul 08.00 WITA. Pesawat yang membawa 175 orang penumpang tersebut harus mendarat darurat di Runway 07 sektor H 11 pada grid map Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Kemudian, sekitar pukul 11.30 WITA terjadi kebakaran hebat yang disebabkan oleh korsleting listrik. Saat peristiwa terjadi, 2 orang karyawan konsisioner mengalami luka bakar. Namun karena kepanikan hebat terjadi, 3 orang penumpang yang keluar dengan terburu-buru terjatuh dan terinjak penumpang lainnya, 2 orang penumpang mengalami luka berat karena menabrak kaca. Peristiwa itu tidak terjadi lama, dalam waktu kurang dari 3 menit, api itu bisa dipadamkan oleh petugas PKP-PK dan Aviation Security.

Untungnya kedua kejadian tadi merupakan bagian dari skenario latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja Ke – 80 di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Latihan PKD ini melibatkan + 694 personil yang terdiri dari Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee PT Angkasa Pura I, Perum LPPNPI, TNI/POLRI, BASARNAS, beberapa Rumah Sakit di wilayah Balikpapan, serta Pemadam Kebakaran Kota.

Di dalam latihan ini disimulasikan pula pengamanan teroris di wilayah Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. "Latihan ini merupakan latihan terpadu yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan dengan maksud untuk menguji fungsi Koordinasi, Komunikasi, dan Komando antar unit dan instansi sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara (Airport Emergency Plan Document) dan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara (Airport Security Programme Document) serta melatih dan memantapkan kemampuan personil sesuai dengan bidang tugas," jelas Operation Director Angkasa Pura I, Yushan Sayuti.

Sebagai informasi bahwa bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur ini telah diperluas menjadi 110.000m2 sehingga dapat menampung 10 juta penumpang pertahunnya. Kemudian, pada 15 September 2014 bandara dengan konsep boutique mall ini telah diresmikan oleh Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Berdasarkan laporan trafik, pada tahun 2014 jumlah penumpang baik domestik dan internasional di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mengalami kenaikan sebesar 7,45% jika dibandingkan tahun sebelumnya. [PDRS]

Keatas