EN ID

Bandara Kulon Progo Jadi Bandara Pertama Dibangun Tanpa APBN

29 Aug 2014

Kembali ke List


Jakarta - Angkasa Pura Airports memastikan bahwa pembangunan Bandara Internasional Kulon Progo, Yogyakarta, bakal mulai disosialisasikan pada bulan depan atau pada September 2014. Corporate Secretary Angkasa Pura Airports, Farid Indra Nugraha mengungkapkan, Bandara Internasional Kulon Progo akan menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Bandara Kulon Progo ini akan menjadi bandara pertama yang dibangun tanpa menggunakan dana pemerintah.

"Ini pertamakalinya di Indonesia, bandara dibangun bukan dari dana pemerintah. Jadi Bandara Kulon Progo dibangun atas aksi korporasi," jelasnya, Jumat (29/8/2014). Dijelaskan Farid, pembangunan bandara tersebut akan memakan waktu tiga tahun dan menelan dana Rp 7 triliun.

Farid memastikan bandara tersebut dapat dibangun setelah mendapat izin dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Proses selanjutnya, Angkasa Pura Airports diminta oleh Sultan untuk berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat Kulon Progo.

"Setelah sosialisasi, kami akan masuk ke pembebasan tanah yang ditargetkan bisa selesai dalam 1 tahun, kemudian pada April 2015 kami bisa ground breaking," katanya. Dana yang disiapkan untuk pembebasan lahan kurang lebih Rp 900 miliar.

Pembangunan Bandara Kulon Progo tidak bisa ditunda mengingat jumlah penumpang di Bandara Internasional Adisucipto telah mencapai 5 juta orang per tahun. Bandara Internasional Kulon Progo akan berkapasitas 10 juta penumpang pertahunnya.

Setelah Bandara Internasional Kulon Progo tersebut selesai dibangun, maka bandara tersebut akan diperuntukkan sebagai bandara komersial. Sedangkan Bandara Internasional Adi sucipto akan digunakan untuk penerbangan VIP dan militer. [Diani Sekaring Sejati/Sumber: Liputan6.com]

Keatas