EN ID

Bandara Juanda Raih Excellence Service Experience Award (ESEA) 2014

05 Feb 2014

Kembali ke List


JAKARTA - Bandara Internasional Juanda, Surabaya, kembali meraih penghargaan. Kali ini, bandara kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini berhasil memperoleh penghargaan Excellent Service Experience Awards (ESEA) 2014. Penghargaan ini diselenggarakan oleh lembaga riset independen Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL), sebuah konsultan di bidang service dan customer satisfaction. Penghargaan untuk Bandara Internasional Juanda diterima langsung oleh GM Bandara Juanda Trikora Harjo, di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, Selasa malam (4/2).

"Penghargaan yang berhasil diraih Bandara Internasional Juanda terkait pelayanan terhadap pelanggan dinilai melalui survei dan penilaian langsung (mystery shopping) yang dilakukan secara acak di Jakarta dan Surabaya dengan lebih dari 1000 kunjungan.ESEA 2014 diberikan sebagai apresiasi kepada para pelaku service industries. Bandara Internasional Juanda dalam survei ini berhasil meraih nilai Indonesian Service Experience Index (ISEI) 80.057 atau excellent," jelas pihak Carre-CCSL dalam keterangan resminya.

Aspek penilaian ISEI ini terdiri dari tiga unsur utama, yaitu Customer Sense Experience, Customer Emotional Experience, dan Customer Problem Solution Experience. Customer Sense Experience adalah penilaian berdasarkan kriteria kenyamanan fisik yang diterima oleh penguna jasa antara lain berupa kebersihan, kerapihan, dan ketersediaan lahan parkir. Customer Emotion Experience adalah mengevaluasi kualitas layanan berdasarkan kriteria suasana positif yang dirasakan pelanggan, antara lain berupa kemudahan mengakses layanan, keteraturan antrian, serta kesigapan dan keramahan petugas. Sedangkan Customer Problem Solution Experience mengevaluasi kualitas layanan berdasarkan pemberian win-win solution dan product knowledge.

"Penghargaan ini menunjukan bahwa tujuan Angkasa Pura Airports untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan telah memenuhi apa yang diharapkan oleh para pengguna jasa bandara," ujar Trikora Harjo.

Sebelumnya, Bandara Internasional Juanda juga meraih penghargaan sebagai ASEAN Airport of The Year dalam ajang ASEAN Commercial Aviation Awards Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2013 dan menggondol gelar Best Performing Indonesian Airport of The Year dalam Frost & Sullivan Aerospace Award 2013.  Selain itu Bandara Internasional Juanda meraih gelar sebagai  The Best Airport dalam ajang  Bandara Awards tiga tahun berturut-turut dari tahun 2011 hingga 2013. []

Keatas