EN ID

Angkasa Pura Airports Resmikan Masjid Al Akbar di Area Bandara Internasional Yogyakarta

25 Apr 2019

Kembali ke List


KULON PROGO - Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi meresmikan Masjid Al Akbar yang berada di area Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, DIY, Kamis (25/4). Masjid Al Akbar yang mulai dibangun sejak Januari 2019 ini berlokasi di sebelah utara terminal penumpang.

"Pembangunan Masjid Al Akbar ini menggantikan Masjid Al Hidayah yang sebelumnya ada di area lahan proyek pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta. Masjid Al Akbar dibangun lebih besar dibanding masjid sebelumnya. Hal ini merupakan wujud penghormatan dan komitmen perusahaan dalam mendukung kegiatan ibadah pengguna jasa bandara, komunitas bandara, dan warga sekitar bandara," kata Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Masjid Al Akbar yang berbentuk setengah lingkaran atau dome ini dibangun di atas lahan seluas 724 meter persegi dan dapat menampung hingga 600 jamaah. Menariknya, masjid ini mengusung konsep eco-green dan meminimalisir penggunaan listrik. Tidak diperlukan AC untuk menyejukkan suhu di dalam masjid karena ventilasi yang terpasang membuat aliran udara berjalan lancar.

Selain itu, masjid ini juga tahan gempa sebagai upaya mitigasi bencana. Interior masjid ini memakai ornamen desain batik kawung dan di area luar sekeliling masjid akan dibangun taman dan fasilitas penunjang lainnya.

Peresmian Masjid Al Akbar ini ditandai dengan penandatanganan prasasti. Dalam kesempatan ini diberikan pula santunan kepada 550 anak yatim dari 10 pondok pesantren. [DR]

Keatas