EN ID

Angkasa Pura Airports Raih Surabaya Public Service Award (SPSA) 2013

05 Jun 2013

Kembali ke List


SURABAYA - PT Angkasa Pura I (Persero) menerima Surabaya Public Service Award (SPSA) 2013 dalam penganugerahan penghargaan layanan publik terbaik yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya bersama Ombudsman RI itu di Surabaya, Senin malam (03/06).

"Tahun ini ada 21 lembaga layanan publik yang kami undang tapi 17 lembaga layanan publik yang mau berpartisipasi, lalu mewawancarai 2.500 warga kota tentang kepuasan layanan mereka," kata Panitia Pengarah SPSA 2013 Yohanes Sondang Kunto, S.Si., M.Sc. di sela-sela malam penganugerahan SPSA 2013 itu.

Dosen FE UKP itu menjelaskan survei dilakukan untuk lima kategori anugerah yakni Best of Trust Performance, Best of Benefit Performance, Best of Caring Performance, Most Improved Public Service, dan Best Outstanding Performance.

Best of Trust Performance diraih oleh PT Angkasa Pura I (Persero). Sementara Best of Benefit Performance diraih PT Telkom, Best of Caring Performance untuk PT PLN, Most Improved Public Service untuk Dirjen Pajak, dan Best Outstanding Performance juga diraih oleh PT Angkasa Pura I (Persero)," katanya.

Belasan lembaga yang berpartisipasi antara lain PMI Cabang Surabaya, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, PT Pos Indonesia, Dinas Kebakaran Surabaya, Kantor Imigrasi Klas I Surabaya, Pengadilan Negeri Surabaya, RSUD dr Soewandhie, RSUD dr Soetomo, PDAM Surabaya, PT Jasa Marga, Perum Damri, PT KAI Daops 8 Surabaya, dan Dispendukcapil Surabaya.

"Proses pengambilan data kami lakukan selama Oktober-November 2012 dengan tujuh penilaian yakni tangible (fasilitas tersedia), assurance (kompetensi petugas), realibility (ketepatan layanan), responsiveness (kesigapan layanan), trust (kepercayaan), dan benefit (nilai tambah)," katanya.

Setelah itu, katanya, Ombudsman RI menambahi dengan komplain yang diterima terhadap lembaga layanan publik yang ada. "Hasilnya kami umumkan pada setiap bulan Juni, karena UN Publik Service Day memang diperingati pada setiap tanggal 23 Juni," katanya.

Menurut Dekan FE UKP Diah Dharmayanti SE MSi CPM CPBC, reformasi birokrasi harus dibarengi dengan komitmen setiap pelayan publik untuk memberikan layanan yang terbaik.

"Salah satu cara mengetahui kualitas layanan publik adalah dengan melakukan pengukuran terhadap kinerja mereka, karena itu kami menganugerahkan SPSA 2013," katanya.

Ia menambahkan SPSA 2013 itu memang dianugerahkan untuk menciptakan iklim layanan publik yang prima bagi warga Kota Surabaya, sehingga makin sempurna pelayanannya pada setiap tahunnya. "SPSA memang kami dedikasikan untuk kota dan warga ini, karena universitas kami berada di Surabaya," katanya. [Arif Haryanto / Sumber: Antara]


Keatas