EN ID

Angkasa Pura Airports Layani 4,5 Juta Penumpang Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2020

07 Jan 2020

Kembali ke List


JAKARTA -  Angkasa Pura Airports melayani sebanyak 4,5 juta penumpang sepanjang masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 lalu. Angka ini berdasarkan perhitungan selama 19 hari, mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 di 14 bandara yang dikelola Angkasa Pura I.

Secara persentase, trafik penumpang ini mengalami penurunan  3,3 persen dari 4,6 juta penumpang pada 2019 menjadi 4,5 juta penumpang pada 2020.

Pertumbuhan trafik tertinggi pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2020 di bandara-bandar Angkasa Pura Airports terjadi di Bandara Internasional Lombok dengan peningkatan trafik mencapai 15,19 persen. Pada periode ini total trafik penumpang yang melalui Bandara Internasional Lombok mencapai 190 ribu orang dari 168 ribu orang pada periode yang sama pada 2019.

Sementara dari sisi jumlah penumpang, sama halnya dengan tahun lalu, tahun ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi penyumbang trafik tertinggi dengan melayani 1,4 juta penumpang, dibanding periode yang sama pada tahun  yang hanya mencapai 1,3 juta penumpang. Trafik penumpang kedua tertinggi terjadi di Bandara Juanda Surabaya dengan total trafik sebanyak 919 ribu penumpang dan tertinggi ketiga terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan total sebanyak 479 ribu penumpang.

"Daya tarik Bali sebagai destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara dan domestik pada masa libur Natal dan Tahun Baru memang luar biasa. Hal ini terbukti dengan trafik penumpang yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai yang tak pernah surut, bahkan justru terus tumbuh," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Peningkatan trafik juga terjadi di Bandara Sam Ratulangi Manado yang tumbuh 5,6 persen.

Sementara itu, trafik penumpang Bandara Sentani Jayapura, yang baru saja dikelola Angkasa Pura Airports per 1 Januari 2020, pada periode Nataru 2020 ini mencapai 36.570 penumpang, turun 3 persen dibanding trafik penumpang periode Nataru tahun lalu yang sebanyak 37.497 orang.

Sementara itu, lanjut Faik Fahmi, penurunan trafik penumpang di beberapa bandara Angkasa Pura Airports lainnya, terutama di Pulau Jawa, masih dipengaruhi oleh faktor yang sama dengan tahun lalu yaitu karena telah dioperasikannya Jalan Tol Trans Jawa, harga tiket yang dinilai masih relatif tinggi, dan semakin banyaknya pilihan moda transportasi lain.

Apresiasi Personel yang Bertugas saat Nataru
Senin (6/1) kemarin merupakan hari terakhir pelaksanaan Posko Nataru 2020. Faik Fahmi, mewakili manajemen Angkasa Pura Airports, memberikan apresiasi atas dukungan penuh seluruh personel, baik dari internal Angkasa Pura Airports maupun stakeholders terkait seperti Kantor Otoritas Bandar Udara, TNI, Polri, Perum LPPNPI, Basarnas, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan, maskapai penerbangan, ground handling, serta pihak-pihak lain yang terlibat, sehingga pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru 2020 di 14 bandara Angkasa Pura Airports berjalan baik dan lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dan kerja sama semua pihak yang telah berhasil menciptakan operasional bandara yang mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru 2020 di seluruh  bandara yang kami kelola,” tambah Faik Fahmi. [DR]

Keatas