EN ID

Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup, Angkasa Pura Airports Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis

22 Oct 2015

Kembali ke List


Jakarta - Demi menjaga kelestarian lingkungan hidup, Angkasa Pura Airports menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi. Bertempat di pelataran parkir Gedung Grha Angkasa Pura I, Kemayoran, Jakarta Pusat (22/10) acara ini dilaksanakan oleh unit Safety, Health, and Environment. Melalui acara yang berlangsung selama 2 hari ini, ditargetkan 100 kendaraan bermotor dapat melakukan uji emisi kendaraan. 

Uji emisi yang diselenggarakan atas kerjasama dengan PT. Sawo Indonesia tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepatuhan Angkasa Pura Airports terhadap Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) dan Surat Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi DKI Jakarta.

Adapun kategori ambang batas emisi kendaraan bahan bakar bensin, yaitu kendaraan di bawah tahun 2007  hydrocarbor - HC (ppm) tidak boleh di atas 700 dan carbon monoksida - CO (%) tidak boleh lebih dari 3.0 , sedangkan kendaraan di atas tahun 2007 HC (ppm) tidak boleh di atas 200 dan CO (%) tidak boleh lebih dari 1.5. Sementara untuk kategori kendaraan berbahan bakar solar, yaitu kendaraan di bawah tahun 2010 opasitas % tidak boleh lebih dari 50 sedangkan untuk kendaraan di atas tahun 2010 opasitas % tidak boleh lebih dari 40.

Untuk meningkatkan kualitas udara dan usia kendaraan diharapkan kepada pemilik kendaraan pribadi maupun dinas agar melakukan penyetelan (Tune Up) kendaraan secara teratur. Pemilik kendaraan diharapkan untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,menghindari penggunaan mesin dengan putaran tinggi serta memeriksakan emisi kendaraan bermotor di bengkel.  [CMN-edited DSS]


Keatas