EN ID

'Airport City' Untungkan Warga

18 Aug 2014

Kembali ke List


YOGYAKARTA - Desain airport city yang akan digunakan bandara baru di Kulonprogo, akan menguntungkan masyarakat di sekitarnya. Pasalnya, dengan adanya airport city tersebut, otomatis di daerah sekitar bandara akan dibangun hotel, rumah sakit, pusat perbelanjaan serta sejumlah fasilitas lain.

"Adanya sejumlah, fasilitas seperti hotel, restoran, pusat perbelanjaan dan lain-lain akan menimbulkan dampak positif bagi pertumbuhan per-ekonomian masyarakat. Oleh karena itu masyarakat di sekitar lokasi bandara baru tidak perlu khawatir," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY Budi Antono di Yogyakarta, Minggu (17/8).

Budi Antono mengatakan, penyusunan materi sosial-isasi sudah dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Rencananya akhir Agustus mendatang, sosialisasi itu akan dilakukan bagi masyarakat yang terkena dampak langsung dari pembangunan bandara. Sosialisasi itu sesuai dengan kesepakatan akan dilakukan selama 3 bulan. Dari situ diha-rapkan masyarakat bisa mengetahui secara detail konsep bandara baru.

"Seandainya nantinya ada relokasi atau pelaksanaan pembangunan akan ada pem-bekalan. Jadi tidak sekadar asal-asalan, hal itu kami la-kukan untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang di-rugikan," ujar Budi Antono. Menurut Budi Antono, Rabu (20/8) besok pihaknya akan diundang Angkasa Pura Airports dan Direktur Perkeretaapian terkait dengan akses masuk ke bandara. Dalam pertemu-an itu akan dibahas, apakah akses masuk ke bandara akan menggunakan jalur yang berbasis rel atau jalan raya. (Pardika Dewi RS/Sumber: Kedaulatan Rakyat)

Keatas