EN ID

Penumpang di Bandara Adisutjipto Dihibur Musik

02 Aug 2014

Kembali ke List


YOGYAKARTA - Nuansa berbeda tahun ini ditawarkan Angkasa Pura Airports cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto bekerjasama dengan seniman Yogyakarta. Untuk pertama kalinya, posko monitoring penumpang Lebaran 2014 di bandara tersebut menampilkan hiburan dan kesenian bagi para penumpang guna menghibur mereka.

"Posko monitoring sudah rutin kita buka setiap Lebaran dan Natal tiba guna melayani dan mengantisipasi lonjakan maupun kepadatan penumpang saat musim arus mudik ataupun balik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kaliini kami menggandeng para seniman unhrk menghibur penumpang dengan penampilan-penampilan istimewa nan memikat," tutur General Affair and Communication Section Head Bandara Internasional Adisutjipto, Faizal Indra Kusuma kepada surat kabar Kedaulatan Rakyat, Jumat (1/8).

Faizal mengatakan adanya hiburan langsung seniman Yogyakarta ini tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi pemudik maupun wisatawan yang datang melalui Bandara Adisutjipto. Nuansa Yoryakarta yang kental akan seni dan budayanya inilah yang sedang ditonjolkan agar pengunjung lebih berkesan apabila datang ke kota yang terkenal dengan kota pariwisata, pendidikan dan budaya ini.

"Sebenarnya ini inovasi kami untuk memberikan hiburan kepada penumpang arus mudik dan balik Lebaran. Hiburan kami sajikan di jam-jam tertentu di puncak kepadatan penumpang yaitu pagi dan sore supaya mereka lebih berkesan," imbuhnya.

Terkait jumlah penumpang memasuki masa balik H+3 Lebaran ini, Faizal memprediksi 10 ribu orang bakal meninggalkan Yogya via terminal keberangkatan Bandara Adisutjipto. Kenaikan jumlah penumpang arus balik sudah terjadi sejak H+2 lalu dimana jumlah penumpang naik dari 7.000 orang menjadi 9.750 orang dengan 64 penerbangan di terminal keberangkatan. Sementara di terminal kedatangan jumlah penumpang mengalami penurunan dari semula di kisaran 10 ribu orang menjadi 9.430 orang dengan 61 penerbangan.

"Jumlah penumpang yang datang tergolong masih tinggi karena sudah memasuki high season, namun kepadatan arus balik juga tidak kalah terus mengalami lonjakan cukup signifikan, khususnya H+4 dan H+5 nanti," tandas Faizal.

Salah seorang penumpang dari Jakarta yang baru saja mendarat via Bandara Adisutjipto, Tri Anggonno mengaku sangat terhibur disambut alunan musik begitu memasuki pintu keluar kedatangan domestik. Hiburan seperti ini belum pernah ditemuinya selama mudik ke Yogyakarta.

"Rasanya setelah bosan di pesawat dan turun disambut hiburan seperti ini berasa tamu istimewa. Inilah yang seharusnya ditonjolkan oleh Yogya yang memang kaya keberagaman seni, tradisi dan budaya," katanya. (Pardika Dewi RS/Sumber: Kedaulatan Rakyat)

Keatas